Mohon tunggu...
Mifta Ariani
Mifta Ariani Mohon Tunggu... Do the best

Low Profile dan bersahaja

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

10 Alasan Mengapa Diet Anda Gagal

14 September 2019   04:43 Diperbarui: 14 September 2019   12:34 0 9 6 Mohon Tunggu...

Setiap orang pasti menginginkan tubuh yang sehat. Malah fenomena disekitar kita, tidak hanya itu yang diinginkan, bagi orang gemuk rata rata  ingin menjadi kurus melalui serangkaian diet, dan bagi orang yang sudah kurus terkadang malah ingin memiliki tubuh yang berisi, karena malu memiliki tubuh yang kurus kering. Aneh kan? 

Itulah terkadang memang manusia kurang bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Apapun itu, yang jelas tubuh yang sehat dan ideal lah yang menjadi dambaan setiap orang.

Banyak diantara rekan-rekan dan teman-teman disekitar saya, yang berkeinginan untuk diet namun selalu saja gagal. Banyak juga yang sudah berusaha diet, namun berat badan tidak kunjung turun. 

Sebenarnya bagi orang-orang yang sudah terlanjur memiliki tubuh yang gemuk, orientasi utama dan yang terpenting adalah memiliki tubuh yang sehat dulu, adapun tubuh menjadi langsing itu adalah akibat yang timbul setelah menjalani diet sehat, anggap saja bonus.

Bila dalam beberapa artikel biasanya banyak yang mengupas cara-cara diet, namun disini saya lebih menekankan untuk membahas mengapa diet Anda selalu gagal. Hal ini didasarkan atas  pengamatan saya sehari-hari dilingkungan sekitar.

Adapun 10 alasan mengapa diet Anda selalu gagal adalah sebagai berikut:

1. Suka menunda diet

Terkadang kita mendapati ada seseorang yang memiliki rencana diet, namun cuma bercerita kesana kemari tentang keinginannya itu. Setiap ketemu orang langsing, kepingin diet dan begitu seterusnya, tapi actionnya belum pernah ada. Niat memang ada sekedarnya, namun entah kapan memulainya. 

Biasanya cuma bilang, besok saya mau diet, setelah itu besoknya bilang lagi seperti itu. Ini berarti niatnya masih kurang dan belum dari hati. Kalau begini terus, kapan dietnya dan kapan langsingnya.

2. Kurang aktivitas fisik

Kalau poin yang kedua ini, niat  diet sudah ada dan sudah mulai diet terkait makan, namun sayang aktivitas fisiknya kurang optimal. 

Waktu luang lebih banyak digunakan untuk bersantai, tidur-tiduran,duduk manis di depan tv, menatap layar gadget, atau mungkin sehari-hari hanya duduk di kantor dan menatap layar komputer, kegiatan olahraga juga angin-anginan. Hayo siapa yang seperti itu? Padahal untuk mendapatkan tubuh langsing harus diimbangi dengan akitivitas fisik yang optimal.

3. Mudah tergoda ketika melihat makanan

Kalau memang sudah memiliki niat untuk diet, ya jangan gampang tergoda. Misal setiap lewat meja makan, lihat ada makanan enak langsung ingin makan, ada penjual burger lewat depan rumah langsung beli, ada tetangga bawain kue langsung ingin mencoba, padahal baru saja sarapan. Namanya diet ya harus menahan nafsu makan, bukannya apa-apa langsung dimakan. 

Jangan Cuma alasan nyicip sesendok. Sesendok burger, sesendok pizza, lalu sesendok apalagi mungkin yang lainnya yang mau dicicipi. Ingat ya, sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit lho.

4. Banyak memberi dispensasi/pengecualian saat diet

Misal kalau hari-hari biasa memang diet, namun khusus hari minggu adalah pengecualian sebab lagi liburan, jadi diet juga libur. Atau contoh lainnya yaitu setiap ada acara ultah teman atau hari raya, dietnya istirahat dulu. Kalau seperti itu ya wajar kalau diet Anda tidak pernah berhasil.

5. Sering menghadiri jamuan makan malam

Kalau sekedar hadir mungkin tidak apa-apa, namun biasanya merasa sayang kalau tidak ikut makan-makan. Misal ada undangan rapat sekalian silaturahmi di restoran mewah malam hari, atau ada undangan nikahan di hotel dengan jamuan malam lengkap, dan mungkin juga sedang di traktir teman. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x