Mohon tunggu...
Muhammad Zulham
Muhammad Zulham Mohon Tunggu... karyawan swasta -

An English teacher. Linux user of openSuse and Ubuntu. Chief editor of @pkreatif and @ourbecc. Visit my blog PengusahaKreatif.com

Selanjutnya

Tutup

Money

Menulis Copywriting yang Memukau Pelanggan (Bagian Kedua)

25 September 2012   00:15 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:46 429
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Pada postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang 5 teknik menulis copywriting yang memukau pelanggan. Sekarang, 5 teknik berikutnya siap untuk anda praktekkan.

6. Pahami media yang anda gunakan

Saat hendak menulis copywriting untuk materi promosi, satu hal yang harus anda ketahui bahwa media yang akan digunakan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga memerlukan perhatian dan penanganan yang berbeda pula.

Media yang digunakan bisa televisi, radio, surat kabar, majalah, atau bahkan media online. Copywriting untuk media televisi tentu berbeda dengan radio, dimana televisi lebih menonjolkan visual sedangkan radio mengandalkan kekuatan verbal.

Oleh karenanya, sesuaikan copywriting yang anda tulis dengan media yang akan digunakan agar dapat menjaring calon pelanggan yang tepat dan berkualitas.

7. Hindari terlalu banyak informasi

Menulis copywriting yang baik dan efektif tidak berarti membombardir calon pelanggan dengan berbagai macam informasi dari produk yang anda jual. Memberikan informasi itu penting. Namun jika porsinya berlebih tentu pesan yang hendak disampaikan tidak dapat diterima dengan jelas.

Untuk produk-produk tertentu yang memang memerlukan informasi yang sedikit lebih detail dan teknis, maka hal tersebut sah-sah saja. Tetapi anda harus ingat bahwa media tempat anda melakukan promosi mempunyai kapasitas ruang yang terbatas dan berbiaya cukup mahal. Menulis copywriting yang terlalu panjang sudah pasti akan menghabiskan banyak ruang dan biaya. Pertanyaannya adalah, apakah hal tersebut efektif?

Jika anda menulis copywriting yang terlalu detail kemungkinan besar calon pelanggan anda akan cepat melupakannya dikarenakan terlalu banyak informasi yang harus dicerna. Oleh karena itu, anda harus menulis copywriting sesederhana mungkin namun efektif dan tepat menuju calon pelanggan yang anda bidik. Pesan yang sederhana namun dikemas dengan kata-kata yang menarik akan lebih cepat diingat ketimbang pesan yang rinci namun penuh dengan bahasa-bahasa teknis.

8. Sertakan “Call to Action”

Saat anda menulis copywriting iklan untuk promosi produk, hal apa yang minimal anda inginkan dari iklan tersebut? Yang jelas sudah pasti anda ingin agar calon pelanggan merespon iklan anda tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun