Mohon tunggu...
KOMENTAR
Money

Menulis Copywriting yang Memukau Pelanggan (Bagian Kedua)

25 September 2012   00:15 Diperbarui: 24 Juni 2015   23:46 429 0
Pada postingan sebelumnya, saya sudah membahas tentang 5 teknik menulis copywriting yang memukau pelanggan. Sekarang, 5 teknik berikutnya siap untuk anda praktekkan.

6. Pahami media yang anda gunakan

Saat hendak menulis copywriting untuk materi promosi, satu hal yang harus anda ketahui bahwa media yang akan digunakan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda sehingga memerlukan perhatian dan penanganan yang berbeda pula.

Media yang digunakan bisa televisi, radio, surat kabar, majalah, atau bahkan media online. Copywriting untuk media televisi tentu berbeda dengan radio, dimana televisi lebih menonjolkan visual sedangkan radio mengandalkan kekuatan verbal.

Oleh karenanya, sesuaikan copywriting yang anda tulis dengan media yang akan digunakan agar dapat menjaring calon pelanggan yang tepat dan berkualitas.

7. Hindari terlalu banyak informasi

Menulis copywriting yang baik dan efektif tidak berarti membombardir calon pelanggan dengan berbagai macam informasi dari produk yang anda jual. Memberikan informasi itu penting. Namun jika porsinya berlebih tentu pesan yang hendak disampaikan tidak dapat diterima dengan jelas.

Untuk produk-produk tertentu yang memang memerlukan informasi yang sedikit lebih detail dan teknis, maka hal tersebut sah-sah saja. Tetapi anda harus ingat bahwa media tempat anda melakukan promosi mempunyai kapasitas ruang yang terbatas dan berbiaya cukup mahal. Menulis copywriting yang terlalu panjang sudah pasti akan menghabiskan banyak ruang dan biaya. Pertanyaannya adalah, apakah hal tersebut efektif?

Jika anda menulis copywriting yang terlalu detail kemungkinan besar calon pelanggan anda akan cepat melupakannya dikarenakan terlalu banyak informasi yang harus dicerna. Oleh karena itu, anda harus menulis copywriting sesederhana mungkin namun efektif dan tepat menuju calon pelanggan yang anda bidik. Pesan yang sederhana namun dikemas dengan kata-kata yang menarik akan lebih cepat diingat ketimbang pesan yang rinci namun penuh dengan bahasa-bahasa teknis.

8. Sertakan “Call to Action”

Saat anda menulis copywriting iklan untuk promosi produk, hal apa yang minimal anda inginkan dari iklan tersebut? Yang jelas sudah pasti anda ingin agar calon pelanggan merespon iklan anda tersebut.

Salah satu cara untuk membuat calon pelanggan merespon iklan anda adalah dengan menyertakan kalimat persuasif yang bersifat ajakan untuk mengambil suatu tindakan, atau bahasa kerennya adalah “Call to Action.” Kalimatnya adalah seperti misalnya: Pesan sekarang, Klik disini, Jangan sampai kehabisan, Hanya sampai tanggal xxxx dan lain sebagainya.

Call to Action merupakan salah satu elemen penting dalam sebuah copywriting, yaitu berupa ‘instruksi’ yang anda inginkan kepada calon pelanggan untuk segera dilaksanakan. Biasanya, call to action menciptakan sebuah rasa ‘butuh’ di dalam pesannya dan kemudian menginstruksikan kepada calon pelanggan langkah apa yang selanjutnya harus diambil.

Call to action merupakan salah satu aspek terpenting dalam menulis copywriting. Dan sudah sepatutnya proses call to action dibuat untuk mempermudah langkah calon pelanggan mengambil tindakan atas respon mereka terhadap iklan anda. Anda telah bersusah payah membujuk mereka dengan mengikuti ketujuh langkah menulis copywriting sebelumnya. Sekarang, pastikan mereka merespon iklan anda dan yakinkan mereka untuk membeli produk yang anda tawarkan.

9. Jujur kepada pelanggan

Hal ini mungkin tampak sepele, namun di dalam menulis sebuah copywriting biasanya terdapat banyak kata-kata bombastis yang mungkin tampak sedikit berlebihan. Kata-kata tersebut biasanya menunjukkan janji-janji seperti kualitas produk yang istimewa, jaminan layan antar, harga murah, tanpa resiko, garansi uang kembali dan kata-kata lain yang sejenis. Lantas apa masalahnya?

Masalahnya adalah jika anda tidak mampu memenuhi SEBAGIAN BESAR janji anda tersebut. Ini akan langsung berdampak sangat buruk terhadap citra bisnis yang sedang anda bangun. Oleh karena itu, tulislah copywriting yang sanggup anda penuhi kepada pelanggan anda. Jika tidak, calon pelanggan dipastikan akan menuntut anda. Dan anda tentu tidak mau berurusan dengan hukum bukan?

10. Koreksi tulisan anda

Dan langkah terakhir dari menulis copywriting yang memukau adalah dengan mengkoreksi hasil copywriting anda. Materi promosi anda akan terlihat murahan jika terdapat banyak kesalahan kata atau kalimat yang tidak perlu.

Karena jika demikian, pelanggan akan menerjemahkan kecerobohan tulisan tersebut dengan kemungkinan bahwa bisnis anda tidak mampu memberikan produk atau layanan yang bermutu. Mereka akan berpikir bahwa jika perusahaan tersebut tidak ambil peduli terhadap kesalahan materi promosi yang dihasilkan, sudah barang tentu mereka tidak akan peduli dengan calon pelanggan yang membeli produk mereka.

Karenanya, lakukan koreksi atas semua materi promosi anda. Menulis copywriting yang memukau adalah dengan menghasilkan sebuah copywriting yang bebas dari kesalahan tulisan. Dan hal ini tentunya akan meningkatkan profesionalitas bisnis anda.

Artikel ini diambil dari blog PengusahaKreatif.com dengan judul yang sama

Follow Twitter PengusahaKreatif.com

KEMBALI KE ARTIKEL


LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun