Mohon tunggu...
Rahmah Chemist
Rahmah Chemist Mohon Tunggu... Blogger - Product Photographer

Simple, challenge, suka nulis and fun. Temui saya di dunia maya... Blog: http://chemistrahmah.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Jangan Asal Ikut Trend Zakat/Donasi Online!

6 Mei 2021   22:25 Diperbarui: 6 Mei 2021   22:42 234 3 1 Mohon Tunggu...

Hidup sebagai generasi milenial memang harus menghadapi kondisi saat ini semuanya dilakukan serba digital. Bahkan nyaris dalam kehidupan saya sehari-hari sudah jarang melihat uang tunai karena hampir semua pembayaran dilakukan secara cashless. 

Era digital memang mau tidak mau mengajak kita untuk menjadi pengikut agar tidak tergerus zaman. Mulai dari hal sepele, semuanya serba digitial. Saya mulai mengalami perubahan hidup menuju zaman digital ketika memeriksakan kandungan. Semuanya bisa dideteksi dengan aplikasi. Saya hanya tinggal memasukkan data yang dibutuhkan maka hasilnya pun sudah bisa terlihat. 

Nah, kehidupan sebagai manusia sosial dan peduli dengan sesama, pastinya aktivitas memberikan bantuan ternyata sudah serba digital juga. Awalnya saya melihat di timeline salah satu media sosial saya yang mengajak untuk donasi karena ada anak kecil yang butuh segera operasi. Seketika dana terkumpul sesuai estimasi yang disebutkan dalam informasi tersebut. Saya makin tercengang karena para donatur kebanyakan menyebutkan diri sebagai noname atau hamba Allah. 

Sebesar itu rasa kepedulian yang terjadi tanpa ingin diketahui oleh orang lain, nama bukan menjadi hal penting untuk tertera di deretan para donatur. Sungguh membuat saya berdecak kagum dan mengangkat dua jempol. 

Nah, sekarang momen Ramadan ternyata menjadi media paling luas untuk meminta kedermewanan orang-orang yang menjalankannya dengan khusyu'. Bermunculan berbagai aplikasi sedekah, zakat, donasi atau apalah sebutannya untuk mengajak para hamba Allah yang berpuasa untuk semakin menyempurnakan ibadahnya. 

Namun, tidak sedikit yang kemudian ragu karena khawatir dana diselewengkan atau hanya sekadar untuk kepentingan kelompok tertentu. Oleh karena itu, masih ada saja yang memilih donasi langsung ke lokasi atau sekadar mengirim perwakilan. 

Pada kesempatan ini, saya ingin sedikit share beberapa tips untuk melakukan zakat atau donasi online pada lembaga yang tepat. Soalnya kasihan juga kalau sudah bagus niatnya zakat dan donasi online tetapi jatuh di tangan yang kurang tepat. 

Tips Ikut Zakat atau Donasi Online agar Tepat Sasaran dan Berkah 

Supaya lebih afdhol dan memiliki nilai pahala serta keberkahan dari setiap zakat atau donasi yang kita sumbangkan, berikut beberapa tips-nya:

1. Lembaganya Tepercaya atau Tidak

Pastinya ini harus benar-benar selektif agar tidak ada kesalahan yang fatal di kemudian hari. Periksa track record lembaga tersebut meskipun hanya sebuah aplikasi. Jangan sampai aplikasinya pun masih banyak bug dan tidak memiliki sekuritas. Jika hal ini ditemukan, bisa segera melaporkan agar diberi hukuman karena termasuk dalam kejahatan.

2. Pastikan dengan Benar Bahwa Aplikasi yang Digunakan memang Valid

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x