Mohon tunggu...
Eko Windarto
Eko Windarto Mohon Tunggu... Penulis - Penulis. Esainya pernah termuat di kawaca.com, idestra.com, mbludus.com, javasatu.com, pendidikannasional.id, educasion.co., kliktimes.com dll. Buku antologi Nyiur Melambai, Perjalanan. Pernah juara 1 Cipta Puisi di Singapura 2017, juara esai Kota Batu 2023

esai

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan Pilihan

Trend dan Isu Terkini

11 April 2024   08:31 Diperbarui: 11 April 2024   08:34 95
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo


Oleh: Eko Windarto

Dalam era digital saat ini, tren dan isu terkini berkembang dengan sangat cepat dan berpotensi mengubah cara kita hidup, bekerja, dan berinteraksi satu sama lain. Istilah "tren" mengacu pada perubahan dalam kebiasaan, selera, dan preferensi dalam masyarakat. Sementara itu, "isu terkini" merujuk pada topik-topik yang menjadi fokus perhatian dan perdebatan publik pada saat ini.

Beberapa trend dan isu terkini yang sangat mempengaruhi kehidupan kita saat ini. Dalam artikel ini, kita akan mengeksplorasi beberapa di antaranya dan membahas dampaknya pada kehidupan kita.

I. Tren Industri Mode Berkelanjutan

Industri mode adalah salah satu industri terbesar di dunia, namun juga dikenal sebagai salah satu industri paling merusak bagi lingkungan dan hak asasi manusia. Dalam beberapa tahun terakhir, tren mode berkelanjutan semakin populer dan menjadi sorotan perhatian global. Konsep mode berkelanjutan mengacu pada praktik-praktik yang menjaga bumi tetap sehat dan adil bagi masyarakat sekitar, seperti penggunaan bahan-bahan ramah lingkungan, praktik manufaktur yang bertanggung jawab dan memperhitungkan siklus hidup produk, serta pengurangan limbah dan penggunaan energi.

Tren ini tidak hanya memengaruhi dunia mode, tetapi juga berdampak pada industri lainnya. Hal ini menginspirasi banyak perusahaan untuk menggunakan bahan ramah lingkungan dan praktik manufaktur yang lebih ramah lingkungan.


II. Rise of Remote Workforce

Ketika inflasi global menyebar ke seluruh dunia, banyak perusahaan terpaksa memindahkan pekerjaan mereka ke dalam model jarak jauh atau 'remote work'. Akibatnya, meskipun telah terjadi penurunan dalam ekonomi global, teknologi dan koneksi internet yang memadai membuat orang masih bisa bekerja dari jarak jauh. Kebanyakan orang berpikir bahwa model kerja ini akan menjadi tren normal di masa depan - terutama bagi mereka yang memiliki pekerjaan di sektor jasa.

III. Perkembangan Teknologi Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang memungkinkan penyimpanan data yang lebih aman, transparan, dan juga terdecentralisasi - artinya, data tidak disimpan pada satu server pusat. Jaringan blockchain sangat sulit untuk diserang dan tidak mudah dibobol. Oleh karena itu, blockchain menjanjikan keamanan yang lebih baik untuk berbagai layanan seperti keuangan, pengiriman logistik, dan bahkan pemilihan umum.

Salah satu tren blockchain terkini yang sedang berkembang adalah cryptocurrencies seperti Bitcoin dan Ethereum. Sedangkan cryptocurrency merupakan bentuk mata uang digital yang dapat diperdagangkan secara online, dan transaksinya dicatat pada jaringan blockchain. Kehadiran cryptocurrency menjanjikan transaksi yang lebih aman, cepat dan murah dibandingkan dengan metode pembayaran tradisional.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun