Mohon tunggu...
M Fajarun Amin
M Fajarun Amin Mohon Tunggu... Hanya Manusia

Menginginkan Indonesia Raya Lahir Batin selamanya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Praktik Manajemen Organisasi

24 Juni 2019   06:11 Diperbarui: 30 Juni 2019   15:05 242 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Praktik Manajemen Organisasi
sumber: ismkmi official

MAZHAB / SENI MANAJEMEN DARI ZAMAN KE ZAMAN.


Thanks to Allah Swt. Tuhan YME.
-----------------------------

Zaman berubah, Ilmu pengetahuan berubah, pemimpin di kelompoknya pun berubah dan hal - hal yang semula dipersepsikan rigid dan lestari pun terus mengalami proses (e/r)volusi diri secara pasti. 

Sulit memang untuk membendung dan menolaknya. Mengutip sedikit pesan khas yang cukup paling populer dari John F. Kennedy salah satu tokoh inspiratif dunia, pernah mengatakan " THE CHANGE IS THE LAW OF LIFE". 

Semua akan mengalaminya dalam tiap proses yang dilalui baik suka ataupun tidak, dan baik siap ataupun tidak. Semua akan mengalaminya. Hanya soal waktu.

Manusia yang menyandang gelar kehormatan sebagai makhluk emosional, sosial dan intelektual sebagai pembeda antara manusia dengan binatang, niscaya selalu memiliki karakteristik yang menarik untuk dibahas dalam setiap diskusi - diskusi resmi atau non resmi. 

Dengan sifat keunikannya tersebut itulah kiranya tidak pernah ada rasa jemu untuk membahasnya dari berbagai sudut pandang yang mendorong pencerahan. Dalam perspektif filsafat manusia tentang proses2 yang terjadi dalam siklus kehidupannya sejak dalam kandungan hingga wafat.  

Ternyata semua ialah tentang upaya mengamati, menginternalisasikan atau memahami [inovasi] yang kemudian dieksekusi melalui penetapan prioritas bertindak sebagai kesatuan serangkaian output belajar / berpikir.

Idealnya, begitulah tahapan yang terjadi. Manusia selalu menjadi subjek kunci pembelajar, pembelajar, pembelajar dan pengajar dalam konsep universitas kehidupan. Artinya. semua murid, semua guru. Kemudian, yang menariknya lagi ialah timbul pertanyaan kecil, kalau semua murid dan semua guru, terus untuk apa diadakannya pembelajaran di Lembaga - lembaga pendidikan resmi? 

Jawaban paling rasional, ialah dalam konteks segala aktifitas intelektual yang sangat abstrak. Agar bisa memahami maksud dan menjamin mutu aktifitas penalarannya maka perlu adanya standardisasi pengetahuan. Tapi, sangat disayangkan. 

Lembaga pendidikan yang seharusnya mendorong aktifitas intelektual komplit, belakangan ini mulai bergeser kepada aktifitas memesinkan pola pikir dan tindakan manusia.

Ketika, tidak memiliki kuasa untuk melawan kuatnya sistem yang bekerja. Akhirnya tunas - tunas harapan Bangsa akan menjadi objek nyata yang dikenal dengan sebutan manusia, namun sejatinya jiwa dan pola pikirnya dipenjarakan secara paksa atas kepentingan pihak yang lebih berkuasa atas pihak yang lemah. 

Jelas,ini adalah upaya terstruktur, sistematis dan massif yang menciderai hak azasi manusia untuk berkembang dan melampaui puncak aktualisasi dirinya.

Hal yang dipaparkan di atas, sering sekali terjadi pada siapa pun, kapan pun dan dimana pun.

Kemudian muncul kembali pertanyaan, mengapa hal itu bisa sampai terjadi?

Analisis2 kecil pun coba dilakoni untuk menjawab pertanyaan tersebut, satu hari berlalu, dua hari  berlalu, tiga hari berlalu dan seterusnya. Barulah didapatkan sebuah sintesa objektif dari sebuah buku yang berjudul "MENJADI SENIMAN ORGANISASI ; Seni Mengelola Industry Health Care" Karangan Prof. dr. Ahmad Sujudi, M.H.A. [Menteri Kesehatan RI, 1999 - 2004] yang cukup banyak mengupas tentang hal - hal mendasar dalam memahami dan mengawal produktifitasnya organisasi.

Dalam bukunya, beliau menjelaskan banyak hal menarik dalam organisasi. Karena organisasi berasal dari kata organ, organism dan / atau organize yang mengandung makna luas yakni tempat perkumpulan orang - orang yang memiliki kesamaan pandang dalam usaha bersama meraih dan melampaui visi atau tujuan organisasi. 

Diskursu2 tentang organisasi banyak terjadi dimana - mana. Mengupas tantangan, faktor - faktor yang menghambat kemajuan, faktor leadership pemimpinnya, dan juga faktor desain tubuh organisasi yang bersangkutan.  

Rasanya, aroma seni tidak bisa terlepas dari apa yang namanya organisasi/tindakan kelompok. Seni adalah keharusan yang menjadi faktor penting dalam suksesnya organisasi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN