Mohon tunggu...
Meti Irmayanti
Meti Irmayanti Mohon Tunggu... Lainnya - senang membaca, baru belajar menulis

Dari kota kecil nan jauh di Sulawesi Tenggara, mencoba membuka wawasan dengan menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Parenting Pilihan

Ini Dia, 5 Tip Berinternet Aman bagi Anak

5 Agustus 2022   22:19 Diperbarui: 6 Agustus 2022   05:27 69 27 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Image: jagatreview.com

Setiap orang tua, tentunya menginginkan anak-anaknya dapat menemukan dunia mereka yang penuh dengan keajaiban dan kegembiraan. Dan tak bisa dipungkiri, bahwa saat ini, salah satu yang dekat dengan keseharian anak dalam mencari dan mengenal dunia mereka adalah melalui internet. 

Yah, dunia internet telah menjadi pisau bermata dua. Di satu sisi internet memiliki manfaat yang dibutuhkan oleh manusia, termasuk anak-anak, namun di sisi lain internet juga bisa memberikan pengaruh yang tidak baik bagi tumbuh kembang jiwa dan mental anak-anak kita. 

Perkembangan dunia saat ini telah membawa anak-anak kita, mau tidak mau harus bersentuhan dengan dunia internet. Apakah itu untuk belajar dan tugas-tugas sekolah, untuk hiburan, ataupun untuk sekadar bersosialisasi dan berkomunikasi dengan teman, internet menyediakan kemudahan bagi itu semua dan bisa jadi pada akhirnya akan menjadi bagian utama dari kehidupan anak-anak kita. 

Jadi, disini penting untuk mengajari anak-anak kita cara tetap aman saat menggunakan internet. Namun, yang jadi masalah tidak semua dari kita tahu dan mengerti apa dan bagaimana itu cara aman menggunakan internet bagi anak-anak, di samping itu pula banyak di antara kita yang tidak memiliki cukup waktu untuk terus mengikuti aktifitas anak-anak dalam berinternet.

Kita harus menyadari bahwa, semua keajaiban dan kesenangan yang bisa disuguhkan oleh internet itu bisa terlalu banyak, terlalu cepat, dan terlalu berat untuk konsumsi anak-anak. Kita semestinya tahu betul bahaya apa yang bersembunyi dan mengintai di balik World Wide Web. 

Baru-baru ini, saya kecolongan. Karena kebetulan sedang hamil dan kerap mengalami morning sickness saya akhirnya tidak lagi konsen untuk mengontrol dan menemani anak-anak saya dalam aktifitas mereka bermain gadget.

Betapa kagetnya saya, ketika mengetahui mereka mengakses konten yang belum pantas untuk usia mereka. Meski konten yang mereka tonton itu berupa tayangan animasi, namun berisi konten dewasa yang walaupun tidak seberapa vulgar, namun tetap saja itu bukan untuk konsumsi anak-anak.

Berangkat dari pengalaman saya itu, saya mencoba mencari-cari tip-tip bagaimana cara agar anak-anak dapat berinternet dengan aman. Secara khusus mungkin tidak ada yang baku, tetapi banyak pendekatan-pendekatan yang bisa kita lakukan agar anak mengerti dan mau mengontrol dirinya sendiri dalam beraktifitas di dunia maya.

Berikut adalah beberapa tip untuk memastikan anak-anak kita bisa belajar dengan menggunakan laptop, ponsel, dan perangkat terhubung lainnya secara aman dan bertanggung jawab.

1. Menjalin komunikasi yang efektif

Menjalin komunikasi yang efektif dengan anak-anak, tentu bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, tetapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menjaga agar jalur komunikasi dengan anak tetap terbuka. Penting bagi kita untuk memastikan bahwa anak-anak tahu bahwa mereka dapat/harus berbagi aktifitas online mereka dengan orangtuanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Parenting Selengkapnya
Lihat Parenting Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan