Mohon tunggu...
Meti Irmayanti
Meti Irmayanti Mohon Tunggu... Lainnya - senang membaca, baru belajar menulis

Dari kota kecil nan jauh di Sulawesi Tenggara, mencoba membuka wawasan dengan menulis dan membaca

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Si Kecil Malas Makan Sayur, Coba Resep Terong Goreng Tepung

20 Oktober 2021   13:20 Diperbarui: 21 Oktober 2021   12:02 2130 40 16
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi terong.  (DOK.PEXELS/ZEN CHUNG via kompas.com)

Bagi orangtua, salah satu hal yang sering membuat gelisah sekaligus kesal adalah keengganan si kecil untuk makan sayur. Makan sayur sepertinya menjadi momok yang menakutkan bagi mereka. 

Padahal, sayur merupakan salah satu asupan gizi penting yang harus dikonsumsi si buah hati sehari-hari. Ini semua menjadikan orangtua harus lebih kreatif mencari cara untuk menyiasati agar anak mau dan syukur-syukur menjadi doyan makan sayur.

Saya pun mengalami hal yang sama, si kecilku kalau makanan olahan di rumah maunya cuma makan telur goreng, atau ayam goreng, kadang-kadang minta sosis, kalau dikasih sayur ogahnya minta ampun dibujuk pakai apapun nggak mempan.

Suatu hari saya iseng saja, kebetulan di pasar banyak yang menjual terong ungu

Jika biasanya terong ungu saya olah menjadi terong balado, terong pecak,  semur terong, terong oseng kecap, lodeh terong dan terong bakar penyet sambal terasi tapi semua masakan ini tidak bisa menggugah selera si kecil untuk mau memakannya. 

Karena si kecil tidak berselera makan makanan yang bertekstur basah, saya cobalah untuk menyajikan terong goreng tepung, yang saya bentuk seakan-akan mirip dengan sosis dan saya bilang kepada sikecil kalau itu sosis goreng.

Satu kesyukuran anak saya mau mencobanya, dan rupanya dia suka serta tidak tahu kalau itu terong, dan bukan sosis. Nah saya dan anggota keluarga yang lain pun juga merasa terong goreng tepung ini rasanya seperti “daging” empuk, lembut dan rasa khas terongnya hilang. 

Bahkan kucing pun yang saya coba berikan beberapa potong, lahap memakannya hingga habis, padahal mana ada kucing makan terong.

Sejak itu menu terong goreng, masuk ke dalam daftar masakan saya, tapi tentu saja tidak setiap hari, untuk menghindari kebosanan. Cari-cari ide lain dapat juga resep bakwan terong, dan alhamdulillah anak saya juga suka, setidaknya hal ini cukup melegakan kekhawatiran anak kekurangan nutrisi nabati sedikit berkurang. Apalagi ternyata terong ungu memiliki banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Yang pertama terong kaya akan zat besi dan kalsium.Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam masa pertumbuhan anak-anak memerlukan asupan zat besi dan kalsium yang cukup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan