Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Menulis untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman agar menjadi manfaat bagi orang banyak dan negeri tercinta Indonesia.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Inovator yang Berkomitmen Mampu Mengurangi Risiko Inovasi

3 Oktober 2022   09:27 Diperbarui: 3 Oktober 2022   09:40 198 22 18
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Image: Inovator yang Berkomitmen Mampu Mengurangi Risiko Inovasi (by Merza Gamal)

Untuk memahami perbedaan utama antara inovator yang berkomitmen dengan yang hanya memiliki ide inovasi terlihat dari bagaimana inovator yang berkomitmen mengembangkan bisnis mereka, dan inovasi sangat penting untuk mendorong pertumbuhan mereka. Bagaimana praktik innovator berkomitmen telah disampaikan di artikel sebelumnya, "Komitmen Inovator untuk Keluar dari Krisis ".

Inovator yang berkomitmen akan mengembangkan bisnis mereka dengan membingkai ulang lanskap kompetitif, menemukan pasar baru, dan menggunakan keunggulan khas mereka, sebagaimana yang telah disampaikan pada artikel "Inovator yang Berkomitmen Mengembangkan Bisnis Mereka".

Saat tekanan meningkat bagi perusahaan untuk mengungkap sumber pertumbuhan baru, beberapa perusahaan dengan tergesa-gesa mendorong inovasi yang gagal mencapai potensi penuh mereka. 

Ketika penyerapan mengecewakan, perusahaan-perusahaan seringkali menyamakan kekecewaan dengan kegagalan. Akan tetapi, inovator yang berkomitmen melihat ketidakpastian sebagai dorongan untuk belajar, bukan sebagai risiko.

Inovator yang berkomitmen akan menurunkan tingkat risiko dengan terlebih dahulu memfokuskan upaya pengembangan mereka pada sumber ketidakpastian yang paling signifikan. 

Pemimpin inovasi dua kali lebih mungkin menggunakan metode pengujian cepat selama setiap langkah inovasi. Inovator yang berkomitmen menganut gagasan bahwa, "hampir setiap pintu adalah pintu dua arah" yag merupakan filosofi pengembangan tangkas yang menerima perputaran tingkat tinggi.

Lantas, bagaimana para inovator yang berkomitmen menjaga setiap pintu tetap terbuka? Para inovator dapat menerapkan pendekatan pengembangan terstruktur yang berfokus pada pembelajaran dengan cepat, terus-menerus menguji dan mengulangi, dan menerapkan teknologi untuk mempercepat kemajuan. Tim inovasi tidak bertujuan untuk membuktikan bahwa ide mereka "benar", tetapi memperlakukan ide-ide sebagai titik awal dalam perjalanan menuju penciptaan nilai dalam skala besar.

Fokuskan pengembangan pada bidang yang paling tidak pasti. Penerapan metrik keberhasilan tidak bisa sama untuk jenis inovasi yang sangat berbeda. Untuk inovasi yang sangat tidak pasti, risiko signifikan dapat terjadi di mana saja dalam garis waktu standar.

Image: Risiko signifikan dapat terjadi di mana saja dalam garis waktu standar (File by Merza Gamal)
Image: Risiko signifikan dapat terjadi di mana saja dalam garis waktu standar (File by Merza Gamal)

Inovator yang berkomitmen mampu mengidentifikasi dan memprioritaskan risiko kritis tersebut dan fokus untuk memahaminya. Pertama, untuk setiap proyek inovasi, perusahaan  menetapkan tujuan utama untuk menetapkan pemahaman yang jelas tentang apa yang ingin dicapai, yang dikristalisasikan sebagai target pendapatan atau laba. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan