Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Mempersiapkan Layanan Bisnis Global Pasca Krisis Covid-19

26 Oktober 2021   06:30 Diperbarui: 27 Oktober 2021   09:15 314 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi persiapan layanan bisnis global yang perlu dilakukan pasca pandemi covid-19. Sumber: Thinkstocks via Kompas.com

Layanan bersama dan organisasi GBS (Global Business Service) menghadapi kebutuhan ganda, yakni mempercepat kemampuan digital dan belajar bekerja dalam lingkungan yang terus berkembang.

Untuk bisnis di seluruh dunia, dampak dari dua tahun terakhir perubahan bertumpu pada beberapa pertanyaan. Dapatkah insan perusahaan bekerja secara produktif dan efisien dari rumah? 

Bagaimana teknologi canggih dapat mendorong operasi yang mulus? Bagaimana seharusnya organisasi memanfaatkan platform yang ada, seperti layanan bisnis global (GBS) dan model layanan bersama regional, untuk membangun kemampuan baru yang memajukan agenda digital mereka?

Dalam penelitian McKinsey terhadap hampir 50 organisasi GBS, lebih dari 90 persen melaporkan bahwa mereka telah meningkatkan model pengiriman jarak jauh secara efektif, tanpa kehilangan produktivitas—dan tanpa merusak pengalaman layanan klien atau pengalaman insan perusahaan.

Situasi saat ini bisa menjadi titik balik dalam cara organisasi membuat dan memberikan layanan digital-native. Enam hal berikut ini, mungkin dapat membantu organisasi GBS mengelola tantangan dalam menghadapi era “Next Normal” pasca krisis pandemi Covid-19.

Image: Enam hal yang dapat membantu untuk mengelola tantangan era
Image: Enam hal yang dapat membantu untuk mengelola tantangan era "Next Normal" (File by Merza Gamal) 

Pertama, Mengintegrasikan strategi bisnis, digital, dan operasi

Ketika model dan ekspektasi pengiriman global bertemu, mungkin sulit untuk memisahkan strategi bisnis dari strategi digital. Beberapa organisasi telah menemukan solusi cepat untuk mendigitalkan operasi pada waktu tertentu, sering kali menggunakan solusi otomatisasi titik—seperti alat sederhana yang memungkinkan desain penagihan yang disesuaikan untuk pelanggan tertentu tanpa membuat penyelarasan struktural di seluruh sistem.

Jenis solusi ad hoc ini cenderung menghasilkan lebih banyak masalah dari waktu ke waktu, menghambat skalabilitas. Sebaliknya, transformasi abadi dari organisasi GBS biasanya dimulai dengan kesepakatan tentang tujuan dan teknologi dasar. 

Perusahaan distribusi medis, misalnya, memulai transformasinya dengan membentuk komite sponsor yang terdiri dari para pemimpin TI, strategi bisnis, dan keuangan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bisnis Selengkapnya
Lihat Bisnis Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan