Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Konsultan - Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan sejak tahun 1990. Mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan. Siap membantu dan mendampingi penyusunan Rancang Bangun Master Program Transformasi Corporate Culture dan mendampingi pelaksanaan internalisasi shared values dan implementasi culture.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Mendorong Adopsi dan Penskalaan Inisiatif Digitalisasi Sektor Industri

3 Juni 2021   06:15 Diperbarui: 3 Juni 2021   06:27 104 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mendorong Adopsi dan Penskalaan Inisiatif Digitalisasi Sektor Industri
Proses Pembaruan Bisnis Utama (dok. Merza Gamal-File)

Digitalisasi dapat menghasilkan keuntungan yang solid. Oleh karena itu, sektor industri harus menerapkan program di seluruh organisasi perusahaan untuk mendorong dampak nyata. 

Peningkatan skala akan membutuhkan proses bisnis baru di seluruh perusahaan. Karena saluran tradisional, termasuk interaksi langsung, akan tetap penting, industri juga perlu mengelola potensi konflik saat kehadiran online mereka tumbuh. Secara keseluruhan, perubahan harus terjadi dalam tiga kategori.

1. Produk, penawaran layanan, dan pemenuhan pesanan. Untuk produk dan layanan, perusahaan dapat membuat penawaran online yang sederhana dan terstandarisasi, serta layanan terkait, untuk mempercepat pemesanan. Mereka juga membutuhkan strategi rantai pasokan baru yang meningkatkan transparansi selama pelacakan pesanan. 

Rantai pasokan B2B tidak harus segera mencapai standar yang sama dengan raksasa ritel besar, tetapi mereka harus dapat memberi tahu pelanggan kapan pengiriman mereka akan siap. 

Dalam semua kasus, mereka setidaknya harus dapat memberikan tingkat transparansi yang sama tentang tanggal pengiriman seperti yang mereka lakukan dengan pesanan offline mereka. 

Akhirnya, perusahaan B2B harus berusaha memberikan pembaruan waktu nyata tentang status pesanan. Untuk semua data master --- informasi tentang kontrak, akun baru, dan area penting lainnya --- industri harus meningkatkan tata kelola. 

Mereka juga harus memastikan bahwa datanya "bersih", artinya data tersebut akurat dan lengkap. Tanpa kontrol ini, industri akan kesulitan menjamin integritas informasi pelanggan dan produk.

2. Strategi dan eksekusi komersial. Langkah penting di bidang ini termasuk membuat distributor baru dan pedoman harga, seperti yang dibahas sebelumnya, dan merevisi insentif penjualan untuk mendorong peralihan ke e-commerce. 

Salah satu strategi mungkin melibatkan pemberian komisi yang lebih tinggi untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui saluran online, misalnya. 

Dengan begitu banyak perubahan yang terjadi, industri akan mendapat manfaat dari rencana manajemen perubahan yang solid, serta komunikasi internal dan eksternal tentang opsi e-commerce.

3. Layanan pelanggan dan transaksi. Perusahaan harus membuat proses yang efisien untuk menyelesaikan masalah dan menyederhanakan proses keuangan mereka (misalnya, pelaporan pajak dan pemeriksaan kredit) untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lancar. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN