Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan selama lebih dari 25 tahun, dan mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Membayangkan Masa Depan Dipimpin oleh Tujuan

22 April 2021   06:25 Diperbarui: 22 April 2021   06:25 91 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Membayangkan Masa Depan Dipimpin oleh Tujuan
Koleksi Pribadi

Berbagi tujuan dengan orang lain dapat membangun akuntabilitas dan bertindak sebagai akselerator yang membantu orang mempertimbangkan di mana dan bagaimana membawa lebih banyak tujuan mereka untuk bekerja. 

Dengan bantuan Anda sebagai seorang CEO atau pemimpin ekskutif, krisis dapat memberikan peluang baru bagi insan perusahaan untuk mengambil tindakan sesuai dengan tujuan mereka, bahkan dapat memotivasi Anda untuk lebih mengeksplorasi tujuan Anda sendiri dan melihat bagaimana Anda juga mendapatkan keuntungan.

Banyak hal yang dapat dilakukan pemimpin untuk membantu menyulut tujuan bagi tim mereka. Misalnya, satu pengecer besar mendedikasikan waktu untuk "jeda tujuan" reguler, di mana rekan satu tim didorong untuk merayakan keterlibatan mereka dalam proyek komunitas lokal dan untuk mengidentifikasi proyek baru untuk didukung. Perusahaan menggunakan aplikasi untuk memacu konektivitas dan meningkatkan peluang bahwa ide-ide bagus dipuji dan dibagikan.

Seperti Zappos, mereka membuat saluran layanan pelanggan untuk menjawab pertanyaan dan membantu menemukan solusi bagi orang yang menghadapi pandemi. 

Penelepon tidak harus menjadi pelanggan Zappos, dan topiknya bisa apa saja --- mulai dari pengiriman makanan dan menemukan persediaan penting hingga apa pun yang ada di benak penelepon. 

Dengan bisnis yang lebih lambat dan volume panggilan turun, hotline memberi perwakilan layanan pelanggan perusahaan sesuatu untuk dilakukan di antara panggilan reguler mereka. 

Saluran layanan pelanggan juga menawarkan kesempatan kepada perwakilan untuk membantu orang lain dan terhubung dengan mereka, yang merupakan salah satu cara orang dapat membantu memenuhi kebutuhan psikologis untuk memiliki. 

Penelitian seputar desain pekerjaan menunjukkan bahwa tugas sederhana pun dianggap lebih bermakna ketika kebutuhan psikologis kita terpenuhi.

Seperti yang ditunjukkan oleh contoh-contoh tersebut, tujuan dan makna dapat menjadi pertimbangan berharga dalam menyesuaikan rutinitas sehari-hari atau bahkan dalam merancang peran. 

Jika Anda belum siap melangkah sejauh Zappos, ada cara lain untuk memberikan lisensi kepada orang lain agar memiliki tujuan sekarang. Jika memungkinkan, ciptakan peluang bagi insan perusahaan untuk menjalankan tujuan mereka selama ini dengan menyesuaikan proyek, dukungan, komunikasi, dan pembinaan agar sesuai dengan kebutuhan, nilai, dan situasi yang berbeda:

  • Untuk pemimpin yang akan datang yang memandang tujuannya sebagai kebebasan untuk belajar, tumbuh, dan bereksperimen, berdayakan dia untuk mencoba hal-hal baru dalam melayani pelanggan dan pemangku kepentingan, menjaga proyek tetap dalam pagar tetapi tanpa pengawasan berlapis. Pastikan untuk membingkai hasil negatif sebagai pembelajaran, bukan kegagalan.
  • Untuk anggota tim yang menghargai pelestarian dan menjunjung tinggi tradisi, undang dia untuk membantu merencanakan ritual penting organisasi atau komunitas (seperti acara tim atau hari perusahaan). Peristiwa semacam itu menciptakan hubungan dan bisa sangat penting untuk membangun dan memelihara budaya.
  • Untuk kolega yang tujuannya sejalan dengan kesetaraan dan peluang bagi orang lain, pertimbangkan untuk menghubungkan mereka ke garis depan inisiatif dan proyek perusahaan di mana organisasi Anda membantu komunitas tempat Anda beroperasi.

Ingatlah bahwa beberapa orang memandang tujuan mereka sebagai kepedulian dan menafkahi orang-orang terdekat mereka --- dan praktis semua insan perusahaan akan merasakan kecemasan seputar masalah ini sekarang. Pastikan untuk menyesuaikan komunikasi Anda dengan kebutuhan mereka juga, sehingga kali ini tidak terlalu membebani tujuan pribadi mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN