Mohon tunggu...
Merza Gamal
Merza Gamal Mohon Tunggu... Pensiunan Gaul Banyak Acara

Berpengalaman di dunia perbankan selama lebih dari 25 tahun, dan mendalami change management dan cultural transformation. Menjadi konsultan di beberapa perusahaan.

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Pilihan

Transformasi Teknologi pada Tatanan Dunia Baru

18 November 2020   04:40 Diperbarui: 18 November 2020   04:52 336 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Transformasi Teknologi pada Tatanan Dunia Baru
dok. pribadi

"Hikmah" dari pandemi Covid-19 adalah kesempatan untuk bereksperimen dengan teknologi dan pendekatan kerja sama lintas batas yang dapat mengarah pada masa depan global yang lebih aman, lebih berkelanjutan, dan lebih inklusif.

Teori punctuated equilibrium, yang diajukan pada tahun 1972 oleh ahli biologi Stephen Jay Gould dan Niles Eldredge, berpendapat bahwa populasi organisme hidup cenderung mengalami sejumlah besar perubahan evolusioner dalam ledakan singkat dan penuh tekanan waktu.

Gould dan Eldredge berpendapat bahwa evolusi bukanlah proses yang konstan dan bertahap, sebab hal itu terjadi selama episode ketika spesies berada di lingkungan dengan tekanan tinggi atau terutama krisis.

Spesies manusia sedang melalui periode seperti sekarang, yaitu pandemi Covid-19. Tekanan mendalam yang dihadapi individu, organisasi, dan masyarakat dalam krisis ini mempercepat Revolusi Industri 4.0, mengaburkan batas-batas antara dunia fisik, digital, dan biologis.

Keadaan darurat saat ini memaksa sebagian besar manusia untuk mempertimbangkan perlunya pergeseran struktural. dalam hubungan antar manusia dengan lingkungan dan bagaimana kita berperilaku sebagai komunitas global.

Pandemi memaksa kita semua untuk menghargai betapa kita bergantung pada teknologi abad ke-21 - kecerdasan buatan, internet, media sosial, platform pembelajaran digital, augmented reality dan virtual, drone, pencetakan 3D dan banyak lagi lainnya - untuk menjaga kita sehat dan mengubah ekonomi.

Konteks yang belum pernah terjadi sebelumnya secara simultan mendorong kita untuk menjadi jauh lebih bergantung pada terobosan teknologi digital, biologis dan fisik dan jauh lebih inventif tentang bagaimana kita dapat menggunakan teknologi yang muncul ini untuk menciptakan nilai dengan cara baru.

Lebih dari 7 miliar orang tinggal di negara-negara yang telah menerapkan pembatasan luar biasa pada pergerakan orang, dan lebih dari sepertiga dunia berada di bawah penguncian ketat. Sebagai tanggapan, sistem yang telah menolak perubahan selama beberapa dekade telah menjadi virtual. Konferensi video menjadi cara utama bekerja bersama.

Dan, lebih dari 1,5 miliar siswa melakukan belajar jarak jauh secara on line hari ini. Organisasi dari semua sektor sedang membangun kemampuan teknis baru, memanfaatkan teknologi digital dan mengembangkan model bisnis mereka dengan kecepatan yang tidak terbayangkan hanya beberapa bulan yang lalu ketika pandemi Covid-19 tiba-tiba datang.

Virus ini mengerumuni paradigma teknologi baru ke layanan kesehatan di mana-mana. Jaringan ahli epidemiologi melacak virus corona menggunakan teknologi sekuensing gen murah yang juga mendorong beberapa kandidat vaksin yang paling menjanjikan.

Para peneliti dan petugas medis menggunakan pembelajaran mesin untuk mencari repositori artikel ilmiah yang diterbitkan tentang covid-19, seperti 47.000 artikel diindeks oleh Explorer-19 Open Research Dataset (CORD-19) Explorer. Jaringan informal penghobi dan perusahaan manufaktur menggunakan printer 3D untuk membuat puluhan ribu pelindung wajah untuk membantu melindungi pekerja medis garis depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN