Halo sobat baca! Saya Ledawarni Merici Satepu, Mahasiswa dari Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jakarta dan saya mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Kali ini saya berbagi Pengetahuan Tentang Tahapan - Tahapan dalam melakukan pelayan di restoran, yakni Sequence of Service.Â
Selamat Membaca!
Sequence of service adalah tata urutan dalam melayani tamu, dimana dari tamu datang sampai meninggalkan restoran.
Staff In Charge of F&B Service :
- Captain        : bertanggung jawab menghandle semua kegiatan restoran dari awal restoran buka hingga restoran tutup.
- Vice Captain  : bertugas sebagai asisten/wakil kapten saat bekerja serta membantu menghandle semua kegiatan restoran juga.
- Greeter         : bertugas dalam menyambut tamu paling pertama di depan pintu masuk restoran, serta menanyakan apakah tamu sudah membuat reservasi atau belum.
- Waitress/Waiter  : bertugas melayani makan dan minuman tamu dari penyajian hidangan appetizer hingga dessert.
- Food Runner  : sebagai perantara antara staff kitchen dengan waitress/waiter, dimana bertugas memberikan orderan tamu dari waiter ke staff kitchen dan juga sebaliknya jika orderan tamu selesai food runner juga mengantarkan hidangan kepada waiter agar diberikan ke tamu.
- Coffee & Tea  : bagian yang bertugas dalam pembuatan the dan kopi atau dengan kata lain sebagai barista.
- Bartender      : Bagian yang bertugas dalam pembuatan minuman alcohol dan non alcohol ( cocktail & Mocktail )
- Steward       : bagian yang bertugas dalam membersihkan semua peralatan makan dan minuman dalam restoran baik itu kitchen, bar, banquet. Dimana aktivitas steward meliputi washing, cleaning dan polishing, set up & clear up.
- Cashier         : seseorang yang bertugas untuk menerima pembayaran dari tamu restoran.
Tahapan - Tahapan Sequence of Service
1. Welcome the Guest
Dimana greeter menyapa tamu serta mengucapkan " Selamat Datang " dengan melakukan kontak mata serta jangan lupa memberikan senyuma ramah dengan sedikit membungkukkan badan, agar memberikan kesan penghormatan.Tak lupa bertanya kepada tamu apakah sudah membuat reservasi atau belum.Lalu antarkan tamu ke meja sesuai dengan pesanan/reservasi tamu.
2. Sitting The Guest
Dimana greeter mempersilahkankan tamu duduk, diutamakan tamu wanita dipersilahkankan duduk dulu tapi diperhatikan juga untuk tamu yang lebih tua. Kemudian beritahu jumlah tamu kepada waiter.
3. Â Introducing
Dimana greeter memperkenalkan waiter kepada tamu agar jika tamu memerlukan sesuatu dapat memanggil waiter tersebut.
4. Â Laying Napkin
Adapun hal pertama yang dilakukan waiter/waitress yakni membuka lipatan napkin guest lalu meletakkannya di panggkuan tamu dari samping kanan tamu dan jangan lupa selalu mengucapkan kata "Excuse me, Sir/Madam".
5. Â Pouring Ice/Hot Water
Waiter menawarkan air es atau air hangat untuk tamu. Â Â Â Â Â
6. Â Serving Bread
Dimana waiter menyajikan roti / softroll serta butter untuk tamu. Â Â
 Â
7. Â Presenting Beverage Menu
Waiter menjelaskan semua jenis minuman mulai dari juice, soda, cocktail serta mocktail yang tersedia saat itu kepada tamu, setelah itu baru taking order/mencatat pesanan tamu.
8. Â Presenting Food Menu
Waiter menjelaskan menu makanan yang tersedia saat itu, mulai dari hidangan Appetizer hingga hidangan dessert serte menjelaskan bahan dan cara mengolah makanan tersebut. Setelah itu baru dilakukan taking order/mencatat pesanan tamu. Â Â
9. Â Adjusting Cutleries
Dimana waiter menambahkan alat makan tamu yang akan digunakan untuk hidangan selanjutnya. Biasanya hal ini dilakukan sesuai menu yang membutuhkan tambahan alat makan, misalnya saat hidangan dessert, dimana hidangan tersebut berbeda -- beda setiap hari.
10. Â Serving The Food
Setelah orderan tamu selesai di olah, saatnya waiter menyajikan makanan yang di pesan tamu. Hal ini dilakukan sampai hidangan maincourse/makan utama. Jangan lupa selalu mengucapkan kata " Enjoy your meal dll" setiap menyajikan hidangan.
11. Â Crumbing Down
Kegiatan membersihkan meja makan tamu dari kotoran setelah dilakukannya proses clear up dan selesai hidangan maincourse. Crumbing down menggunakan napkin dan piring. Di sini waiter akan  menawarkan the atau kopi kepada tamu.
12.  Serving  Dessert
Setelah tamu diberikan the atau kopi, waiter mulai menyajikan hidangan penutup/dessert kepada tamu.
13. Â Presenting Bill
Dimana tamu sudah selesai makan dan akan meninggalkan restoran, yakni meminta bill untuk pesanan tamu. Serta jangan lupa menanyakan tamu akan membayar dengan cash/ kartu kredit.
14. Â Farewall
Setelah setelah proses billing, jangan mengucapakan terima kasih karna sudah berkunjung dan ucapkan magic word " have a nice day, dll". Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
Selamat Membaca ....:) Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â Â
                                                                               Â
           Â
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI