Mohon tunggu...
Andayo Ahdar Notes
Andayo Ahdar Notes Mohon Tunggu... menulis, membaca satu paket untuk melihat bangsa

menata hati,menitih jalan menuju cahaya terpancarkan iman sebagai jalan panjang yang harus kutempuh

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Ketemu Buku Lama

22 Oktober 2020   16:00 Diperbarui: 22 Oktober 2020   16:02 25 5 0 Mohon Tunggu...

Sembari duduk mengarahkan dan mempersiapkan laptop untuk di gunakan belajar via online oleh anakku. Matapun tertuju pada lemari yang berderet buku-buku lama.. 

Buku-buku lama yang jarang tersentuh untuk dibaca, tertumbuk pandang pada sebuah buku yang sedikit beraroma debu, berderet diantara buku tebal yang juga berangka tahun lama. Sekilas tampak biasa-biasanya saja. 

Memang diantara sekian buku lama itu, pandangan selalu luput kepadanya. Sampul yang tidak menarik yang lebih pas bila dikatakan hampir-hampir mirip diktat alias buku perkuliahan jadul. 

Oops, memang jadul. Namun daya tarik dari tulisan pada punggung buku itu membuat mata ini lekat tak berpindah. Lalu ditariklah dari sela deretan tempatnya terpampang, Indonesian Reading, Second edition 1981. 

Judul buku tersebut dan pada sampul depannya, gambar salah satu tokoh pewayangan. Rasa penasaranpun kian bertambah, setelah melihat nama yang tertera. John U. Wolff. 

Maka dengan waktu yang tidak lama, lembar sampul buku itu perlahan terkuak. Membaca preface dari buku tersebut untuk mencari selidik tentang siapakah John U.Wolf itu? Penasaran??.

Baiklah, sedikit kutipan dari preface beliau.:

...these materials were prepared in 1974-5 as part of a contract between Cornell University and U.S Office of Education. A great deal of the work was performed in Malang, Indonesia by students in the Department of Malang Teacher's College (IKIP Malang)...

Ternyata beliau adalah seorang peneliti Amerika Serikat yang bekerjasama dengan IKIP Malang dikala itu yang meneliti tentang bahasa Indonesia melalui tuturan tulisan cerita yang di tulis oleh Penulis Indonesia seperti Idrus ( penulis angkatan 45), S.Sastrawinata, Umar Kayam, Suman HS, M. Hatta ( Proklamator Bangsa Indonesia, Wapres RI pertama). 

Dan beberapa penulis lawas lainnya. Dan juga termasuk dalam penelitiannya adalah pidato dari Sukarno (Proklamator Bangsa Indonesia, Presiden RI Pertama).

Penelitian yang menitiKberatkan pada struktur dari gramatikal bahasa Indonesia dan Melayu. Gaya bahasa para penulis dalam menuangkan karyanya seperti : tema,,karakteristik, dan konstruksi redaksional. Bukunya memang terbilang tebal 468 halaman.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x