Mohon tunggu...
Mentari Dwi Putri
Mentari Dwi Putri Mohon Tunggu... Mahasiswa

Capricornus, Buddy yang menorehkan tulisan dari pikiran dan hati.

Selanjutnya

Tutup

Karir Pilihan

Organisasi Bekal Masa Depan

21 Mei 2020   23:31 Diperbarui: 21 Mei 2020   23:30 38 0 0 Mohon Tunggu...

Setiap orang adalah makhluk sosial yang dimana tidak dapat terlepas dari yang namanya berinteraksi dengan satu sama lain, kita sebagai manusia saling membutuhkan satu sama lain yang entah bermula dari hal kecil sekalipun sampai hal besar, dimana pasti setiap orang akan hidup dalam kelompok" kecil, besar, internal maupun eksternalnya. Baik dalam ruang lingkup yang besar atau pun dalam ruang lingkup yang kecil sekalipun.

Terkadang saya heran dengan remaja millenial jaman sekarang yang hanya asyik dengan smartphone mereka, sehingga menutup diri dengan lingkungan sosial yang pada akhirnya sikap tersebut akan mendarah daging pada dirinya. Abis  kuliah lalu pulang , gitu aja terus gak asyikk banget masa mudanya!

Apalagi banyak sekali para remaja yang hanya fokus pada nilai pendidikan semata, dimana mereka berpikiran bahwa meraih nilai sempurna di setiap mata pelajaran maupun ujian yang akan mengantarkan mereka menuju kesuksesan dan berpikir tidak akan membuang waktu mereka hanya dengan menyibukkan diri dalam ruang lingkup berorganisasi dan hanya terus mengejar nilai dan IPK tinggi biar katanya sukses, yakin?

Setelah lulus kuliah, tentu saja kalian ingin mendapat pekerjaan yang kalian sudah impikan. Pada ekspektasi kebanyakan orang, setelah kuliah ingin langsung kerja biar bisa pegang uang sendiri, beli apa aja yang di inginkan, bantu orang tua, serta masih banyak lagi eskpektasi para mahasiswa setelah lulus kuliah. 

Tapi apakah mereka siap dengan pekerjaan yang menumpuk, harus siap pandai mengatur waktu, bertanggung jawab, siap mental dan fisik dimarahi atasan, pandai berbicara di depan umum, serta kesulitan atau tantangan lainnya di dunia kerja?

Tentu saja akan kewalahan jika tidak terbiasa dengan suasana seperti ini kan? Nah dari sinilah muncul pembahasan tentang "organisasi sebagai bekal masa depan" sangat menarik untuk kita ulas bersama kawan-kawan, yuk kita simak penjelasan yang dijamin gak bakalan bikin bosan!

Dikutip dari kamus besar bahasa indonesia, definisi organisasi itu seperti di bawah ini :

"ORGANISASI adalah sebuah kelompok kerja sama yang terdiri dari beberapa orang dan memiliki tujuan bersama"

Dalam organisasi tentu banyak hal yang didapatkan dan tentu tidak akan didapatkan dalam pendidikan formal manapun, seperti dilatih dalam kepemimpinan, bekerja sama, memecahkan suatu masalah dengan musyawarah, berbicara di depan umum, manajemen waktu, diajarkan memegang suatu tanggung jawab dan masih banyak lagi manfaat dalam berorganisasi.

Organisasi memang sangat menyita waktu, yang bilang tidak itu bohong! Dimana kita harus fokus sama tanggung jawab di sekolah dan tanggung jawab organisasi yang tidak boleh dilepas. 

Tetapi ada sebuah pepatah mengatakan "bersakit-sakit dahulu, bersenang senang kemudian". Jadi walaupun organisasi sangat menyita waktu, tetapi manfaat yang kita dapatkan juga akan menjadi bekal di masa yang akan datang, seperti dalam dunia kerja seorang pekerja dituntut harus mengerjakan banya hal yang dimana harus selesai dalam waktu yang sudah ditentukan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN