Mohon tunggu...
melisa emeraldina
melisa emeraldina Mohon Tunggu... Lainnya - Menulis untuk Berbagi Pengalaman

"Butuh sebuah keberanian untuk memulai sesuatu, dan butuh jiwa yang kuat untuk menyelesaikannya." - Jessica N.S. Yourko

Selanjutnya

Tutup

Life Hack Pilihan

Mau Hemat? Jangan Beli 7 Barang Ini!

13 Juli 2021   18:01 Diperbarui: 13 Juli 2021   18:32 141 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mau Hemat? Jangan Beli 7 Barang Ini!
Ilustrasi kehabisan uang akibat belanja berlebihan (sumber: freepik)

"Berapa jumlah tabungan lo?"

Topik ini sempat menjadi ramai di youtube. Beberapa channel juga membuat topik serupa. Mewawancarai milenial di Jabodetabek dan menanyakan isi tabungannya.

Lifestyle/ gaya hidup anak milenial terutama di perkotaan tampaknya meningkat drastis sejak adanya media sosial. Dahulu sebelum ada media sosial mungkin kita saling tidak menahu tentang hidup orang lain. Tapi sejak adanya media sosial kita jadi bisa melihat langsung bagaimana gaya hidup di perkotaan.

Zaman dahulu mungkin hanya ada mall belum banyak coffee shop, tempat nongkrong  belum sebanyak sekarang, orang punya handphone juga hanya untuk telepon, sms dan chat. Biaya hidup tidak terlalu banyak karena tidak banyak pilihan seperti sekarang.

Sekarang kita dihadapkan dengan banyaknya kebutuhan dan keinginan baru, paket data yang bukan saja untuk chatting dan facebook, tetapi juga instagram, youtube, atau aplikasi nonton tv dan film melalui handphone, belanja apa pun bisa dengan dua jempol, order makanan semudah menjentikkan jari. Ditambah dengan kemudahan booking tiket pesawat dan hotel.

Jangankan beli rumah, bayar tagihan kartu kredit saja deg-degan. (Baca juga: Milenial Susah atau Tidak Mau Beli Rumah?)

Era 4.0 yang serba digital ini tampaknya menjadi tantangan baru bagi finansial generasi milenial dan generasi berikutnya. Menabung menjadi berat. Apalagi ada fitur paylater dan kredit online yang semakin mudah didapat tanpa persyaratan yang ribet. Orang membeli barang yang diinginkan bahkan yang diluar kemampuannya.

Jangan sampai rekening tabungan kamu hanya jadi dompet digital, alias hanya numpang lewat. Sebelum semakin terlambat dan menyesal kita kurangin yuk, membeli barang berdasarkan keinginan!


Inilah yang saya lakukan untuk bisa tetap menabung, yaitu dengan menghindari membeli 7 macam barang ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN