Mohon tunggu...
Meliana Ingracia
Meliana Ingracia Mohon Tunggu... Mahasiswa - My story!

Bukan siapa siapa

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Solusi Mudah Cegah Covid dari Berbagai Klaster!

30 Juli 2021   10:39 Diperbarui: 30 Juli 2021   13:54 32 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Solusi Mudah Cegah Covid dari Berbagai Klaster!
Gambar E-Poster Edukasi Online Pencegahan COVID-19 dari Klaster Keluarga (Dokpri)

KUDUS (30/07) - Penyebaran COVID-19 masih belum terkendali, adanya penambahan kasus positif COVID-19 bukan saja menjadi PR pemerintah namun juga menjadi PR seluruh masyarakat Indonesia untuk bersama melawan COVID-19. Dilansir CNN Indonesia pada Jumat 18 Juni 2021, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo mengungkapkan sekitar 73% kasus positif COVID-19 berasal dari klaster keluarga. Klaster selanjutnya yang perlu diwaspadai adalah klaster warung makan.

"Untuk warga asli RT 02 RW 05 Wergu Kulon sudah menerapkan protocol kesehatan dengan ketat. Hanya saja para pekerja di lingkungan sini masih banyak menyepelekan protocol kesehatan." Ujar Kristiyanti, warga RT 02 RW 05 Wergu Kulon.

Berangkat dari permasalahan yang ada, mahasiswa KKN UNDIP, Meliana Ingracia berinisiatif untuk melakukan 'Sosialisasi Pencegahan COVID-19 dari Klaster Keluarga dan UMKM'. Program KKN ini terdiri dari 2 rangkaian kegiatan, yaitu Kegiatan 1: Edukasi Online Pencegahan COVID-19 dari Klaster Keluarga dan Kegiatan 2: Sosialisasi Pencegahan COVID-19 dari Klaster UMKM Warung Makan melalui brosur serta pemberian hampers Protokol Kesehatan.

Gambar Pelaksanaan Edukasi Online Pencegahan COVID-19 dari Klaster Keluarga (Dokpri)
Gambar Pelaksanaan Edukasi Online Pencegahan COVID-19 dari Klaster Keluarga (Dokpri)

Kegiatan 1 yaitu Edukasi Online Pencegahan COVID-19 dari Klaster Keluarga dilakukan pada Jumat-Minggu, 9-11 Juli 2021 melalui grup whatsapp RT 02 RW 05 Wergu Kulon yang direspon sangat baik oleh warga. Materi edukasi online meliputi pemanfaatan tanaman obat keluarga, do and don't selama pandemi, dan pembuatan disinfektan secara mandiri. 

Sebagai wujud nyata peningkatan kesadaran warga terhadap Prokes, mahasiswa KKN membagikan paket masker pada Senin 26 Juli 2021 yang berisi masker medis, vitamin c, stiker edukasi ringan pencegahan COVID-19, dan mini hand sanitizer bagi para pekerja di lingkungan RT 02 RW 05.

Gambar Pembagian Paket Masker (Dokpri)
Gambar Pembagian Paket Masker (Dokpri)

Sedangkan, kegiatan 2 yaitu Sosialisasi Pencegahan COVID-19 dari Klaster UMKM Warung Makan dilakukan pada Senin, 26 Juli 2021. Sosialisasi dilakukan melalui pembagian brosur secara door to door yang dilakukan pada 5 UMKM terpilih berdasarkan hasil survey yang telah dilakukan. Media brosur Pencegahan COVID-19 dari Klaster UMKM dengan brosur ini dilakukan untuk meminimalisir interaksi, sehingga sosialisasi dapat dilakukan sekitar 5 menit.

Gambar E-Brosur Pencegahan COVID-19 dari Klaster UMKM Warung Makan (Dokpri)
Gambar E-Brosur Pencegahan COVID-19 dari Klaster UMKM Warung Makan (Dokpri)

Brosur sosialisasi mencakup informasi tips untuk penjual dan pembeli dalam melakukan proses jual-beli makanan serta edukasi penyediaan fasilitas pendukung penerapan protokol kesehatan bagi masyarakat. Selain brosur, mahasiswa KKN UNDIP juga membagikan hampers protocol kesehatan yang berisi masker medis, multivitamin, dan hand sanitizer.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan