Mohon tunggu...
Meidyna Arrisandi
Meidyna Arrisandi Mohon Tunggu... Penulis - Penganut kopi dan puisi

Menulis itu seperti pulang. Kita memberi waktu pada diri untuk memulihkan luka-luka dan meredakan kerinduan.

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Bagaimana sih Mengatasi Insomnia Tanpa Ribet? Percakapan dengan Olla

6 Agustus 2021   13:21 Diperbarui: 6 Agustus 2021   13:57 104 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagaimana sih Mengatasi Insomnia Tanpa Ribet? Percakapan dengan Olla
Sumber: Pinterest

Hai, halo, apa kabar semua? Semoga dalam kondisi baik, minimal hati tenang dan pikiran tidak carut-marut karena keadaan. Kondisi memang belum baik dan entah apa akan membaik. Yang jelas, kita semua perlu menjaga sesuatu yang sangat berharga, yaitu kesehatan. 

Tapi, bagaimana kesehatan akan terjaga bila tidur saja jarang nyenyak? Wajah tegang sampai pagi saking banyaknya pikiran, begitu keluh seorang teman baru-baru ini. Lalu muncullah pertanyaan, "Gimana sih mengatasi insomnia tanpa ribet?"

Seorang teman, sebut saja Olla melaontarkan pertanyaan itu setelah menyesap kopi hangat yang kubuatkan. Sore itu tumben hujan setelah beberapa hari panas tak karuan. Kami ngobrol santai saja, tapi tampaknya Olla sedang gelisah karena sudah hampir 2 bulan ini dia sulit tidur. 

Aku sekenanya merespons dengan pertanyaan, "Keluarga aman kan, La?" Tidak ada maksud untuk ikut campur sih. Aku hanya ingin tahu apa yang sedang sangat mengganggu pikirannya sampai insomnia berminggu-minggu. Jawabannya pun ringan, "Aman sih." 

Kemudian obrolan berlanjut tentang resep makanan yang gampang buat sehari-hari. Mengingat aku dan Olla harus ngantor setiap hari, jadi resep yang mudah dan cepat itu jelas topik yang menarik. Tapi, aku masih saja kepo apa yang membuat teman yang tomboi satu ini insomnia sampai berminggu-minggu. Seingatku selama hidup , kalaupun tak bisa tidur, itu hanya 1 atau 2 hari. Itupun bukan karena masalah yang besar.

"Balik lagi ke soal insomnia tadi, jadi apa dong yang bikin kamu gak bisa tidur, La?" Olla mengerutkan kening dan meraih cangkir kopi dan menyesapnya lagi. "Entah, ya. Aku sendiri bingung. Masalah pasti ada lah. Namanya juga orang berumah tangga. Tapi bukan itu yang bikin gak bisa tidur."

Sumber: Pinterest
Sumber: Pinterest

Kami berdua terdiam. Olla memandang bibir cangkirnya, sementara aku menerawang ke rintik hujan yang cantik sekali membasahi pelataran rumah dengan bunga-bunga liar berwarna ungu dan putih yang memang sengaja kubiarkan tumbuh. Tidak mengganggu pemandangan, justru menambah indah. Jadi, kenapa tak dibiarkan saja? Iya, kan?

Obrolan kami sampai pada giliranku untuk menyimpulkan, setelah panjang lebar tentang kondisi rumah Olla. Aku hanya menyarakan untuk merapikan setidaknya menyapu 2 atau 3 hari sekali jika terlalu sibuk dan lelah karena harus ngantor sampai jam 5 dan kadang harus pulang lebih malam karena lembur. 

"Tunggu! Jangan-jangan hanya karena rumah yang berantakan dan kamar tidur yang kek kapal pecah ya?" Olla mengetuk-ngetukkan jari di lengan kursi. Tiba-tiba aku ingat tentang artikel yang bicara tentang 5 langkah mengatasi insomnia sebagai solusi tubuh sehat alami yang kemarin sore kubaca. 

Well, tidak ada salahnya jika kubagi di sini kan? Siapa tahu ada yang sedang insomnia juga dan ternyata penyebabnya adalah seperti yang Olla hadapi. Ada bagian yang menarik menurutku dalam artikel itu. Olla ikut membaca saat kutunjukkan artikelnya, tepat di bagian cara membuat ruang tidur nyaman. Ini dia:

Ada cara-cara yang bisa dilakukan untuk membuat ruang tidur Anda nyaman. Cobalah hal-hal berikut ini: 

  • Usahakan kamar dalam suhu yang sejuk dan menenangkan
  • Nyalakan lampu kecil saja dan jauhkan gadget dari jangkauan
  • Hentikan segala aktivitas Anda setidaknya 1 jam sebelum jam tidur
  • Ingatlah untuk menyalakan alarm untuk bangun pada pagi hari
  • Gunakan ruang tidur hanya untuk tidur dan melakukan hubungan seks dengan pasangan
  • Jika dalam setengah jam Anda tetap belum bisa tidur, lakukan aktivitas yang menenangkan seperti berdoa, mendengarkan musik atau membaca buku.
  • Mandi air hangat dan lakukan pijatan ringan pada kaki, tangan, lengan dan pundak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan