Mohon tunggu...
Medio Network
Medio Network Mohon Tunggu... Lainnya - Medio by KG Media

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut. Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Pandemi dan Fenomena Seputar Kesehatan Mental Remaja

3 April 2022   14:45 Diperbarui: 3 April 2022   14:47 75 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Oleh: Alifia Putri Yudanti & Brigitta Valencia Bellion 

Kesehatan mental kembali menjadi isu yang sering digaungkan selama era pandemi

Perubahan pola hidup secara tiba-tiba membuat semua orang harus beradaptasi lagi. Akan tetapi, tidak semua orang mampu untuk melakukan hal itu. 

Masa-masa remaja adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan diri dan produktif. Banyak tekanan yang datang dari orang terdekat dan mengharuskan mereka untuk terus berkembang. 

Sementara itu, sebagiannya lagi sudah ada yang berpikir jangka panjang; untuk menjadi tumpuan keluarga. 

Oleh karenanya, mereka dituntut untuk melakukan banyak hal dalam satu waktu. 

Hal ini didukung dengan data UNICEF, yang menyebutkan bahwa secara global, setidaknya satu dari tujuh anak mengalami dampak akibat pembatasan sosial berupa karantina. 

Sementara itu, 1,6 miliar anak terdampak oleh terhentinya proses belajar mengajar. 

Selain itu, gangguan terhadap rutinitas, pendidikan, rekreasi, serta kecemasan seputar keuangan keluarga dan kesehatan membuat banyak anak muda merasa takut, marah, sekaligus khawatir akan masa depan mereka. 

Padahal, menurut penuturan Benny Prawira Siauw, Founder Into The Light Indonesia dalam siniar OBSESIF, pandemi justru menjadi waktu yang tepat bagi kita untuk menyadari bahwa diri sedang tidak baik-baik saja. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan