Mohon tunggu...
MD Pait UM
MD Pait UM Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Negeri Malang

Pengababdian masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa MBKM-MD Universitas Negeri Malang di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang, Jawa Timur

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Love U to Save You: Kegiatan Edukasi Kesehatan Reproduksi untuk Mencegah Keputihan pada Remaja oleh Tim MBKM-MD UM

2 Desember 2022   00:42 Diperbarui: 2 Desember 2022   00:54 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar 1. Salah Satu Mahasiswa Anggota Tim MBKM-MD UM Sebagai Nrasumber. Dokpri

MALANG - Keputihan merupakan keadaan dimana keluarnya cairan selain darah dari liang vagina di luar kebiasaan, baik berbau ataupun tidak, serta dapat berupa lendir berwarna putih, kekuningan, kelabu, maupun kehijauan. 

Hampir semua wanita pernah mengalami keputihan, karena keputihan normal merupakan salah satu tanda dari proses ovulasi. Sedangkan keputihan tidak normal (patologis) dapat menjadi indikasi dari adanya suatu kelainan alat reproduksi. Namun, tidak banyak remaja wanita yang tahu lebih dalam mengenai keputihan dan terkadang menganggap enteng persoalan ini. 

Padahal keputihan dapat berakibat fatal apabila apabila tidak segera ditangani dan dialami dalam waktu yang lama dapat berujung pada infertilitas, terutama pada fase remaja yang merupakan fase peralihan menuju dewasa, dimana kelak mereka menjadi seorang ibu yang akan melahirkan penerus bangsa, sehingga edukasi terkait keputihan perlu dilakukan sejak masa ini.

Oleh karena itu, tim MBKM-MD Universitas Negeri Malang menyelenggarakan kegiatan "Love U (Uterus) To Save You" yang diadakan pada hari Rabu (23/11/2022) pukul 18.00 WIB - selesai di Balai Desa Pait. Selain dihadiri oleh remaja Desa Pait sebagai peserta, acara ini juga dihadiri oleh beberapa tamu penting, diantaranya yaitu Kepala Desa Pait, Ketua PKK, perwakilan wanita dari perangkat desa, serta Ketua Posyandu Remaja.

Acara Kegiatan tersebut disii oleh dua orang narasumber dari tim mahasiswa MBKM-MD UM dengan dua fokus topik pembahasan terkait kesehatan reproduksi yang berbeda. Pembahasan pertama yaitu bertemakan tentang"Edukasi PHBS Guna Mencegah Keputihan". Sedangkan materi kedua berfokus pada Premenstrual Syndrome (PMS).

"Terima kasih kepada kakak-kakak MBKM-MD UM yang telah mengadakan kegiatan ini. Edukasi seperti ini memang diperlukan bagi perempuan terutama pada masa remaja. Lalu, kegiatan ini tidak hanya bermanfaat bagi remaja saja, bagi kami para wanita dewasa juga bisa mendapat manfaat dari kegiatan ini" tutur perwakilan wanita dari perangkat desa sebagai pembuka acara.

Sebelum penyampaian materi pertama, peserta dibagikan lembar berupa pre-test untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan peserta terkait keputihan. Setelah itu, barulah dilanjut dengan penyampaian materi pertama yang berfokus pada definisi keputihan, jenis keputihan, proses fisiologis keputihan, dampak keputihan, serta cara mencegah keputihan.

"Kalian tau gak sih keputihan itu apa? Kayaknya semuanya pasti udah pada tau dong, atau ada yang belum tahu gak disini keputihan itu apa?" tanya narasumber yang direspon aktif oleh peserta. 

Tak hanya sampai disitu, antusiasme para peserta juga terlihat pada saat dua orang peserta bersemangat untuk maju ke depan secara sukarela ketika diminta menyampaikan kesimpulan dari materi yang sudah disampaikan.

Setelah penyampaian materi pertama selesai, peserta dibagikan lembar post-test untuk mengukur tingkatan pengetahuan terhadap materi yang telah disampaikan kepada peserta. Lembar post-test tersebut kemudian langsung dikoreksi oleh tim dan ditentukan peserta dengan skor post-test tertinggi medapatkan doorprize dari pemateri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun