Mohon tunggu...
Maya Masnawati
Maya Masnawati Mohon Tunggu... Guru - guru

my hobbies are watching korean drama, cooking and eating.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

30 September 2022   09:59 Diperbarui: 30 September 2022   10:08 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Sebagai seorang guru yang telah mengajar lebih dari 10 tahun saya memiliki banyak pengalaman dalam pembelajaran untuk itulah pada kesempatan ini saya ingin berbagi salah satu pengalaman terbaik (best practice) saya. 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice)  Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMK Negeri 3 Kota Jambi

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkatkan  ketrampilan pemahaman membaca  peserta didik materi teks naratif dengan model Problem Based Learning.

Penulis

Maya Masnawati, S.Pd

Tanggal

26 September 2022

Situasi: 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Latar belakang masalah dan praktik pembelajaran ini adalah: 

  • Rendahnya ketrampilan pemahaman membaca peserta didik pada teks naratif. karena kurangnya literasi peserta didik pada teks.

 Kurangnya pemahaman pada struktur teks dan kosakata yang minim.

Motivasi peserta didik dalam belajar bahasa inggris yang rendah.

  • Kurangnya pengetahuan peserta didik dalam teknik membaca.

Praktik pembelajaran ini sangat penting untuk dibagikan karena: 

  • Sebagian besar guru mengalami permasalahan yang sama dengan permasalahan yang saya hadapi.
  • Praktik permasalahan ini bisa menjadi referensi dan inspirasi guru-guru lain bagaimana cara mengatasi permasalahan pembelajaran.
  • Praktik pembelajaran ini bisa memotivasi saya sendiri dan guru-guru lain untuk mendesain pembelajaran yang kreatif dan inovatif.

Peran dan tanggung jawab pada praktik pembelajaran ini:  

Sebagai guru yang bertanggung jawab dalam mendesain dan memfasilitasi pembelajaran yang kreatif, inovatif, menantang dan menyenangkan menggunakan model, metode dan media pembelajaran yang tepat dan inovatif sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan bisa meningkatkan hasil belajar ketrampilan menulis peserta didik pada materi teks deskriptif.

Tantangan : 

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

Tantangan dari peserta didik yaitu: 

Peserta didik yang malas membaca dan menganalisis suatu tek naratif.

Peserta didik yang hanya mengandalkan guru dalam pembelajaran tanpa mau mencari informasi sendiri.

keaktifan peserta didik dalam pembelajaran yang sangat kurang.

Aksi : 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

Langkah-langkah yang dilakukan guru untuk menghadapi tantangan tersebut adalah:

  • Pemilihan media pembelajaran inovatif 
  • guru menggunakan media konkrit yang terdapat dilingkungan sekitar dan mengintegritasikannyadengan model TPACK pada materi teks naratif sehingga peserta didik lebih berminat dalam belajar. menggunakan media pembelajaran yang inovatif yaitu gambar, video dan jumbled paragrap.
  •  
  •  
  •  
  • Pemilihan model pembelajaran 
  • dalam usaha meningkatan ketrampilan pemahaman membaca pada teks naratif salah satu langkah adalah penggunaan model pembelajaran yang yang bisa memotivasi peserta didik dalam belajar. Saya menggunakan Problem Based Learning (PBL) dimana pembelajaran berbasis masalah.  dan peserta didik diminta untuk aktif dalam pemecahan masalah.

  • Meningkatkan keaktifan peserta didik 
  • Strategi yang dilakukan saya untuk meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran yaitu merancang pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan mengembangkan RPP dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang berpusat pada peserta didik terkait dengan kompetensi dasar, indikator, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Proses pengembangan RPP yang berpusat pada peserta didik dengan menentukan kegiatan-kegiatan pembelajaran apa saja yang bisa mengaktifkan peserta didik dan berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian proses pembelajaran.


Refleksi Hasil dan dampak 

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif?  Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

Dampak dari penerapan model pembelajaran PBL dengan pendekatan TPACK yang dikolaborasikan dengan penggunaan media pembelajaran menunjukkan bahwa peserta didik lebih antusias dan aktif dalam menganalisis teks naratif,  peserta didik juga dapat mencari solusi terhadap beberapa masalah yang disajikan oleh guru, peserta didik bersemangat menyimak video legenda yang diputar dan peserta didik terlihat aktif dalam menyelesaikan masalah pada lembar kerja peserta didik.

dengan keaktifan dan antusias peserta didik dalam pembelajaran pemahaman membaca teks naratif dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran dapat meningkatkan ketrampilan pemahaman membaca peserta didik pada materi teks naratif.

Hasil dari penerapan model pembelajaran PBL  dengan pendekatan  TPACK dan dikolaborasikan dengan media pembelajaran inovatif yang diambil dari lingkungan sekitar maka hasil efektif dapat dilihat dari respon peserta didik saat pembelajaran dan respons dari teman sejawat yang melihat proses pembelajaran berlangsung.

 

Faktor keberhasilan dari strategi pembelajaran ini;

adanya interaksi yang baik dari guru dan peserta didik dalam pembelajaran.

guru melakukan manajemen kelas yang baik dengan mengorganisasikan peserta didik secara heterogen  sehingga peserta yang aktif dapat membantu  temannya yang pasif.

pendekatan TPACK yang digunakan guru berjalan sukses dan tidak ada kesalahan teknis misalnya pemadaman listrik sehingga penggunaan TPACK bisa berhassil sampai akhir pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun