Mohon tunggu...
Masykur Mahmud
Masykur Mahmud Mohon Tunggu... Freelancer - Avid reader, kind and thoughtful.

Harta Warisan Terbaik adalah Tulisan yang Bermanfaat. Contact: masykurten05@gmail.com www.collegexpedition.com

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Strategi Menjawab Soal IELTS Bagian Writing - Task 1

8 November 2022   19:30 Diperbarui: 9 November 2022   09:59 219
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Designed by Canva. Koleksi pribadi

Soal IELTS bagian Writing Mengharuskan test taker (pengambil tes) untuk menjawab dua jenis soal yang berbeda. Soal pertama disebut Task 1 dan soal tipe kedua disebut Task 2.

Adapun kedua tipe soal ini memiliki jumlah kata berbeda. Task 1 mensyaratkan  150 jumlah kata dan task 2 harus diselesaikan dengan jumlah 250 kata. Sedangkan total waktu kedua tipe soal ini adalah 60 menit.

Nah, seringnya test taker yang baru mengambil tes IELTS tidak memahami strategi menjawab dengan baik. Akhirnya, mereka akan kehabisan waktu untuk menulis sedangkan jumlah kata yang diwajibkan tidak tercapai.

Inilah yang menyebabkan banyak test taker yang mendapatkan skor rendah pada bagian Writing. Jadi, cara menulis mutlak dipahami, namun strategi menjawab juga harus dikuasai dengan baik.

Baca juga :Cara Efektif Menaikkan Skor IELTS bagian Speaking. Yuk Belajar!

Membagi waktu sebelum menjawab

Dalam menjawab soal IELTS bagian Writing, kejelian dalam membagi waktu sangat penting. Dengan total waktu 60 menit, test taker perlu membangun siasat menjawab secara strategis.

  • Apa yang harus dilakukan lebih dulu?

Pertama, saat menerima soal Writing, maka pahami soal dengan benar setidaknya dalam lima menit pertama. Usahakan untuk tidak menghabiskan waktu memahami soal lebih dari lima menit.

Selanjutnya, lakukan brainstorming terlebih dahulu. Artinya, seorang test taker harus memikirkan apa yang akan ia tulis dengan mengeluarkan ide berupa poin-poin penting.

Nah, untuk tipe task 1, yang perlu dilakukan adalah membaca jenis graph, chart, diagram, pie chart dengan benar. Jangan sampai salah dalam mengintepretasi data. 

Setelah memahami data yang ditampilkan di soal, maka lihat beberapa persamaan dan perbedaan dari data tersebut. Pada tahap ini, jangan menulis terlebih dahulu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun