Mohon tunggu...
Masykur
Masykur Mohon Tunggu... A father who loves traveling, learning and exploring the world.

Seorang pembelajar dari pengalaman hidup, suka membaca, menganalisa dan meniliti bahasa dan budaya.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Ramadan Segera Tiba! Ayo Investasi Waktu dengan Melakukan Hal Berikut

6 April 2021   10:41 Diperbarui: 6 April 2021   10:47 171 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ramadan Segera Tiba! Ayo Investasi Waktu dengan Melakukan Hal Berikut
Sumber: wishesphrases.com

Tidak terasa Ramadhan akan segera tiba dalam hitungan hari. Minggu depan umat islam akan menyambut bulan paling mulia diantara bulan-bulan lainnya. Alangkah meruginya jika kita tidak memanfaatkannya dengan sebaik mungkin. Keutamaan berbuat baik di bulan ramadhan memiliki nilai tertinggi dan yang paling mulia. Lakukan hal-hal dibawah ini agar ramadhan kali ini menjadi ramadhan terbaik kita.

1. Persiapkan daftar hal yang ingin dilakukan

Sesuatu tanpa persiapan ibarat berpergian tanpa tujuan. Mulai hari ini persiapkan daftar hal apa saja yang ingin dilakukan di bulan ramadhan. INGAT! persiapan yang baik dilakukan SEKARANG, bukan KEMUDIAN. Siapkan sebuah buku dan ataurlah jadwal mulai hari ini. Jika puasa tahun lalu kita lalui tanpa planning, maka kali ini Persiapkan sebuah BUKU.

Kenapa harus dengan buku? jawabannya simpel! karena apa yang kita tulis terekam kuat didalam otak, jika kita rutin membacanya maka akan lebih melekat erat dalam memori kita. Alternatif lain, gunakan Smartphone kamu untuk mengunduh aplikasi untuk memncatat kegiatan harian kamu atau bisa juga tuliskan difitur kalender yang sudah ada di smartphone kamu. Apa saja yang bisa kamu tulis?

a. Membaca Al-quran

Amalan paling baik untuk mengawali hari dibulan ramadhan yaitu membaca Al-quran. Semaksimal mungkin tentukan target akan mengkhatamkan berapa kali selama 30 hari. Misalkan target 3 kali khatam, maka perhari setidaknya harus membaca 3 juz. Jika setiap juz terdiri dari 9-10 lembar Al-quran, ada sekitar 30 yang harus dibaca setiap hari.

Tentukan waktu membaca Al-quran lebih awal. Misalnya mulai membaca Al-quran saat bangun sebelum memulai sahur. Cukup membaca beberapa lembar saja kemudian lanjutkan di waktu lainnya. Berikut contoh pembagian waktu yang bisa dilakukan:

Menjelang subuh

-3 lembar sebelum sahur

-3 lembar setelah sahur

- 1 lembar sebelum shalat subuh

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x