Mohon tunggu...
Mas Sam
Mas Sam Mohon Tunggu... Guru - Guru

Membaca tulisan, menulis bacaan !

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tip Menulis 5M ala Dee Lestari

13 Agustus 2021   19:16 Diperbarui: 13 Agustus 2021   20:16 188 20 9
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tip Menulis 5M ala Dee Lestari
Dee Lestari (gramedia.com)

Siapa tak kenal Dee Lestari. Mantan penyanyi yang moncer sebagai penulis. Supernova adalah salah satu karya fenomenalnya.

Ketika Siberkreasi (sebuah wadah gerakan literasi digital) membuka pendaftaran webinar. Mulai Menulis Ala Dee Lestari. Tanpa pikir panjang saya ikutan daftar.

Sore tadi webinar yang dipandu Ica Wardhana. Seorang presenter radio. Dengan nara sumber Dee Lestari berlangsung secara daring.

Webinar yang diikuti oleh lebih 400 peserta dari seluruh pelosok Indonesia ini. Dimulai dari jam 4 sampai jam 6. Berlangsung setiap hari Jum'at.

Bercerita adalah yang membedakan manusia dengan makhluk lain. Begitu Dee Lestari mengawali pemaparan materinya.

Ketika manusia belum mengenal tulisan. Bercerita dilakukan dengan bertutur lisan. Setelah mengenal tulisan maka dilakukan dengan menulis.

Penulis dan penyanyi (gramedia.com)
Penulis dan penyanyi (gramedia.com)

Bagaimana Menulis yang Baik?

Tulisan yang baik harus memenuhi dua syarat. Memikat dan mengikat. Tulisan yang baik akan memikat perhatian pembaca. Sedangkan karakter tokoh dalam tulisan akan mampu mengikat emosi pembaca.

Dee Lestari yang baru saja meluncurkan buku Rapijali. Memberikan tip untuk menyemangati para penulis pemula. Tip kepenulisannya disebut 5M.

  • Lima Menit. Untuk memperlancar menulis cobalah menulis apa saja dalam waktu 5 menit. Jangan hiraukan kesalahan tulis atau kata yang tidak saling nyambung.
  • Lakukan 5 menit menulis secara kontinyu. Makin lama makin panjang durasi waktunya. Pada akhirnya nanti akan terbiasa menulis untuk waktu yang cukup lama.

Sekedar ilustrasi untuk menyelesaokan satu judul novel dengan kurang lebih 100 ribu kata. Dee Lestari membutuhkan waktu 9 bulan sampai satu tahun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Hobi Selengkapnya
Lihat Hobi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan