Mohon tunggu...
Karunia Sylviany Sambas
Karunia Sylviany Sambas Mohon Tunggu... Bidan - Bidan, Penulis, Blogger

Seorang tenaga kesehatan yang suka menulis dan belajar hal-hal baru. Rekam jejak di www.karuniasambas.com

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Rapi-rapi Rumah Jelang Lebaran, Tip Merapikan Rumah dengan Cermat

6 April 2024   23:21 Diperbarui: 6 April 2024   23:24 185
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Photo by Dulkimso Hakim Santoso on Unsplash

Bukankah menyambut tamu dengan suasana yang nyaman dan bersih adalah suatu kebahagiaan tersendiri? Mungkin ini yang mendasari almarhum Papa kami sebelum berpulang. Beliau selalu rajin menambahkan satu hal baru di rumah kami. Entah mengecat rumah/kamar, membeli beberapa barang, dan tak lupa membuang beberapa barang pula.

Rapi-rapi Rumah Jelang Lebaran, Cara Seru Bikin Momen

Nah, gimana sih tips merapikan rumah dengan cermat ala saya? Simak, deh!

Mulai dengan Niat dan Semangat.

Tujuan mulai dengan niat dan semangat untuk menciptakan keramahan dan kebersihan yang menyenangkan bagi keluarga dan tamu yang datang. Pelan-pelan saja dalam melakukan semua perubahan ini, ya. Supaya nggak dianggap sebagai beban.

Membangun Rencana

Merapikan rumah jelang lebaran membutuhkan perencanaan yang matang. Sahabat bisa memulai misi dengan membuat daftar ruangan apa saja yang perlu dirapikan dan urutkan berdasarkan prioritas. Jika sudah memikirkan hingga seperti ini, yakin, deh, banyak pekerjaan yang terselesaikan sesuai perencanaan.

Delegasi Tugas

Tak ada yang lebih membantu daripada berbagi tugas.  Apalagi dalam susana jelang lebaran dan kondisi sedang berpuasa pula. Mari melibatkan seluruh anggota keluarga dalam proses merapikan rumah. Bukan hanya menjadi momen berkumpul yang menyenangkan, tetapi juga mempercepat proses kerja.

Sentuhan Kreatif


Jangan pernah takut untuk berinovasi dalam merapikan rumah. Gunakan dekorasi sederhana seperti bunga segar, karangan bunga, atau lampu hias untuk menambahkan sentuhan keindahan di ruangan-ruangan. Memajang kaligrafi atau ayat-ayat suci Al-Quran juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Untuk pernak-pernik cantiknya teman-teman bisa membeli di toko orens dan lainnya, ya. Harganya cukup terjangkau, kok. Jika mentok menentukan pilihan, tentu saja diskusi para anggota keluarga sangat bisa membantu. 

Persiapan Tamu

Jelang lebaran, biasanya banyak tamu yang datang berkunjung. Pastikan Anda telah menyiapkan segala sesuatu dengan baik untuk menyambut tamu. Siapkan hidangan lezat dan minuman yang menyegarkan, serta pastikan ruang tamu telah dirapikan dengan baik.

Mama memilih untuk membuat kue saat kami semua sudah mendapatkan izn libur dari tempat kerja masing-masing. Jadi pilihan kue setiap tahun memang penuh perencanaan bukan asal, ya! Sedangkan soal pengaturan, kebersihan dan kerapian rumah, menjadi tugas saya setiap tahunnya.

Sepertinya kita perlu diingatkan kembali bahwa kebersihan dan kerapian bukanlah tentang kemewahan barang-barang, tetapi tentang kesederhanaan dan kebersihan yang menyeluruh. Jadikan proses merapikan rumah sebagai momen introspeksi untuk mensyukuri nikmat-nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT. Yuk, sambut lebaran dengan semangat rapi-rapi rumah! (*)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun