MJK Riau
MJK Riau pegawai negeri

Lahir di Jogja, Merantau di Riau

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Bedah Buku Tumbuhkan Semangat Literasi

5 November 2018   09:12 Diperbarui: 5 November 2018   09:16 177 3 2

Bedah Buku Tumbuhkan Semangat Literasi

Perkembangan media sosial membuat banyak orang mudah mengakses berbagai macam informasi. Berbagai macam bentuk informasi dapat diperoleh di medsos. Apalagi dengan kemajuan tehnologi informasi sehingga semakin banyak orang dapat menggapai medsos dengan menggunakan smartphone yang harganya semakin terjangkau. Medsos seolah sudah menjadi dunia yang menyedot perhatian banyak orang. Hampir seluruh kegiatan kehidupan manusia tesaji di medsos. 

Medsos menjadi suatu keniscayaan bagi banyak orang, termasuk mencari ilmu. Hal tersebut membuat orang semakin jauh dari buku. Karena dengan mengklik di smartphone suatu informasi yang kita inginkan akan segera tersaji di depan mata. Sungguh suatu kemajuan tehnologi yang membuat semakin banyak orang mempunyai niat untuk membaca. Suatu kegiatan yang mendasar pada dunia literasi.

Namun dengan semakin mudahnya medsos memasuki ruang dan waktu membuat perhatian untuk menambah wawasan, mengkaji suatu hal yang lebih mendalam terhadap suatu hal menjadi berkurang. Memang untuk aktif lebih serius di medsos perlu mempunyai wawasan yang luas juga, namun dapat juga yang diperoleh secara instant. Tentu diperlukan supaya dapat bergaul dengan lebih wajar dan sekalian dapat untuk belajar sedekah. 

Acara yang dibuat kawan kawan bersama, dengan (cemburu), lomba lomba seperti penulisan tentang Anies oleh PPI, lomba penulisan pemakaian BBM oleh Pertamina, juga dapat menumbuhkan semangat besar dan motivasi tinggi dunia literasi.

Namun harus diakui bahwa acara bedah buku merupakan usaha serius untuk mendorong minat tumbuhkembangkan literasi secara intensif. Bedah Buku memungkinkan pertukaran ide secara langsung yang dapat termasuk dalam kategori mencari ilmu. Suatu kegiatan bermanfaat yang bukan hanya dianjurkan agama tetapi juga besar pahalanya. 

Bedah Buku dan usaha usaha lain untuk menumbuhkembangkan dunia literasi perlu didukung banyak pihak. Literasi dapat menghindari bully, menumbuhkan kompetensi anak negeri, memajukan dan mensejaheterakan negeri, dalam rangka berharap ridhlo Illahi Robbi. Insya Allah Aamiin.