MJK Riau
MJK Riau pegawai negeri

Lahir di Jogja, Merantau di Riau

Selanjutnya

Tutup

Bola

Beda Pep dengan Capello, Soal Mou-Conte

12 Januari 2018   14:03 Diperbarui: 12 Januari 2018   14:28 771 5 2
Beda Pep dengan Capello, Soal Mou-Conte
Doc.Pri

Pep dan Capello: Debat Mou dengan Conte

Sumber Foto Pep:

https://bola.kompas.com/read/2018/01/11/07270018/guardiola--pelatih-tak-butuh-konferensi-pers-

Sumber Foto Capello:

https://m.republika.co.id/berita/sepakbola/liga-inggris/18/01/12/p2f4r1428-capello-conte-dan-mourinho-sudah-gila

Sumber Foto Mou dan Conte:

https://m.detik.com/sepakbola/liga-inggris/d-3810470/tanggapi-perang-komentar-mourinho-conte-capello-mereka-gila

Rupanya debat Mou dan Conte mengusik perhatian Pep dan Capello. Bagi Pep saling sindir Mou dan Conte mungkin sudah di luar ambang batas sebagai manajer. Bisa jadi Pep juga merasa risih dengan aksi Mou dan Conte. Pep memang bukan ahli debat. Namun Capello merasa bahwa debat Mou dan Conte sudah keterlaluan. 

Capello seperti halnya Pep merasa perlu memberikan komentar mengenai saling sindir ke dua manajer papan atas Liga Primere Inggris tersebut. Komentar Capello bahkan jauh lebih panas dari Pep. Capello yang pernah manjadi manajer Inggris itu angkat bicara melihat ulah Mou dan Conte.

Jika Pep menyindir secara halus tanpa ingin masuk ke dalam arus utama perdebatan, Capello langsung to the point. Pep berpandangan bahwa manajer tidak perlu lagi mengadakan konferensi pers. Toh, manajer hanya menceritakan apa yang sudah terjadi. Ada kebiasaan yang dianggap salah oleh Pep, bahwa hasil pertandingan terlalu dipengaruhi oleh taktik dan strategi manajer. Sementara pada pertandingan sesungguhnya pada pemain lah yang sangar berperan. 

Bisa jadi itu adalah alibi Pep, karena di samping Pep tidak suka meladeni Mou, Pep juga tidak suka membuka front. Apa jadinya kalau Pep berkomentar, ke dua manajer itu berteriak keras-keras karena sulit mendaki ke puncak. Dapat dipastikan perdebatan akan semakin seru. Sementara Pep sedang ingin konsentrasi menghadapi empat kompetisi. Belum lagi ingin berusaha menggaet Alexis Sanchez ke City. Wajar kalau Pep tidak ingin terpancing  masuk ke arus utama perdebatan Mou dan Conte.

Beda Pep beda pula Capello. Pelatih gaek asal Itali ini main tembak langsung. Mungkin karena sesama pelatih dari Itali, Capello mengingatkan Conte. Jika tidak pandai berdebat sebaiknya tidak perlu meladeni Mou. Menurut Capello, Mou memang ahli nya dalam hal berdebat. 

....Capello, yang mengikuti perang argumen tersebut, mengaku terkejut dengan perkembangannnya. Namun, dia juga menyatakan,Mourinho memiliki sejarah dalam hal perang komentar di media massa.

Karena itu, dia mengatakan, Conte seharusnya bijaksana untuk tidak memilih pertarungan semacam itu....

Saya setuju dengan anjuran Capello kepada Conte mengenai hal itu ... 

Lagi lagi Mou dan Conte saling sindir. Kali ini Conte sampai ke ubun ubun nampaknya sehingga menyebut Mou dengan kata kata yang keras, kalau tidak boleh disebut merendahkan. Conte perlu mengikuti Pep yang tidak begitu meladeni sindiran Mou....

Lebih jauh Capello sampai beranggapan kalau Mou khawatir posisi MU dapat disalib Chelsea, pada laga berikutnya berhadapan dengan Chelsea.  Sementara selisih MU dengan City sudah cukup besar:

....Mourinho mungkin sedikit gugup karena selisih angka yang sangat jauh antara United dan Manchester City di puncak klasemen. The Citizens, yang belum terkalahkan musim ini, berada di puncak dengan koleksi 62 angka atau 15 angka lebih banyak dibandingkan United....

Pandangan Capello tersebut juga seiring dengan asumsi saya:

...Apakah Mou sudah mengangkat bendera putih dengan Pep untuk meraih Juara BPL, sehingga terus menyindir Conte ?...

Namun terlepas dari itu semua, sebagai sesama manajer dari Itali, sesungguhnya Capello sedang membantu Conte.

kompas
kompas