Mohon tunggu...
Marsha Bremanda TR
Marsha Bremanda TR Mohon Tunggu... Lainnya - A learner, Dreamer, Achiever

Mahasiswi Ilmu Komunikasi 2019 Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Find me on instagram @marshabremanda

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mengenal Associated Press: Pionir Munculnya Jurnalisme Multimedia

27 September 2021   08:57 Diperbarui: 27 September 2021   09:05 83 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mengenal Associated Press: Pionir Munculnya Jurnalisme Multimedia
Associated Press USA sumber: dw.com

Hadirnya teknologi menjadi kunci penggerak jurnalisme multimedia hadir di masyarakat era sekarang. Interconnection Network (internet) menyediakan ruang tanpa batas di media massa. Adanya internet ini memungkinkan media menyajikan berita dengan dilampirkan foto, audio, bahkan video.

Lalu, bagaimana awal mula jurnalisme multimedia bisa lahir di dunia? Pada artikel ini, penulis akan membawa sobat kompasiana menjelajah kembali sejarah singkat lahirnya jurnalisme multimedia. Yuk, tetap simak artikel ini sampai akhir ya!

Berawal Dari Gempa Bumi

Jurnalisme multimedia mulai dikenal pertama kali pada tahun 2001, saat Bhuj, sebuah kota yang terletak di utara India dilanda bencana alam gempa bumi.

Saat itu, media-media berita memberitakan peristiwa ini dengan menayangkan still photojournalism, yaitu pemberitaan dengan melampirkan gambar atau foto kejadian. Namun, kantor berita Associated Press, yang bermarkas di New York, menyajikan pemberitaan bencana ini dalam bentuk audio-photo slide show (McAdams dalam Kurniawati, 2013:2).

Sejak saat itu, media-media lain mulai mengikuti gaya pengemasan Associated Press. Mereka mulai membuka lembaran baru dengan menggunakan jurnalisme multimedia yang semakin canggih dalam konten-konten online-nya.

The Guardian misalnya, media berita di Inggris ini membuat link khusus berjudul "Multimedia" melalui kanal web-nya. Padahal, di awal pendiriannya pada tahun 2000-an, web "The Guardian" hanya memiliki konten multimedia berupa audio dan petunjuk interaktif saja dengan format movie Flash (Thurman & Lupton dalam Kurniawati, 2013:2).

Tak hanya itu, kantor berita VII Photo Agency pun turut melakukan hal yang sama. Melalui kanal web-nya www.viiphoto.com, mereka membuat link khusus "Multimedia" yang akan mengarahkan pembaca ke halaman berisi thumbnail audio-photo slide shows.

Namun, tak hanya dari sisi surat kabar saja hadirnya jurnalisme multimedia tersebut. British Broadcasting Corporation (BBC), lembaga penyiaran umum di Britania Raya juga turut mengambil bagian dalam perkembangan tersebut. Dari segi penyiaran televisi sampai pemberitaan surat kabarnya yang lengkap.

BBC News
BBC News

Mengenal Associated Press

Associated Press (AP) merupakan sebuah kantor media berita yang berpusat di New York City. Berdiri pada tahun 1846, AP menjadi sumber pertama yang dimuat oleh portal web seperti Yahoo! Dan MSN.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan