Mohon tunggu...
Marlon Melaira
Marlon Melaira Mohon Tunggu... Guru - guru

bermain sepakbola

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Best Practice

1 Oktober 2022   06:55 Diperbarui: 1 Oktober 2022   06:59 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

Sekolah                        : SMP Negeri Tiakur

Mata Pelajaran             : Bahasa Indonesia

Kelas/Semester             : IX/1

Alokasi Waktu             : 6 X 40 menit (2 X pertemuan)

  • Kompetensi Inti
  • Menghayati ajaran agama yang dianutnya.
  • Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  • Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

  • Kompetensi Dasar
  • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
  • Indikator Pencapaian Kompetensi
  • Membuat kesimpulan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari cerita pendek yang dibaca atau didengar.
  • Tujuan Pembelajaran
  • Dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning, berbantu infocus dan kutipan teks cerpen serta penerapan metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan, diharapkan peserta didik dapat:
  • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca.

  • Materi Pembelajaran 
  • Unsur pembangun karya sastra (cerpen)

 

  • Pendekatan, Model dan Metode 
  • Pendekatan     :  Saintifik
  • Model              :  Discovery Lenarnig
  • Metode            :  Ceramah, tanya jawab, diskusi, penugasan

 

  • Kegiatan Pembelajaran 
    • KEGIATAN PENDAHULUAN
    • Alokasi Waktu
    • Orientasi
    • Melakukan pembukaan dengan salam dan mengajak peserta didik berdoa sebagai ungkapan rasa syukur kepada TYME (religious)
    • Mengecek kehadiran peserta didik melalui absensi (disiplin)
    • 15 menit
    • Apersepsi
    • Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya.
    • Motivasi
    • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari:
    • apabila materi ini dikerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat:
    • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca.
    • Pemberian
    • Acuan
    • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung.
    • Menyampaikan garis besar cakupan materi.
    • Pembagian kelompok untuk berdiskusi.
    • Peserta didik menerima berbagai informasi tentang
    • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra (cerpen).
    • Menjelaskan mekanisme pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
    • KEGIATAN INTI
    • Sintak Model Pembelajaran
    • Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
    • 90 menit

    Stimulation (pemberian rangsangan)

    •  
    • Peserta didik mengamati contoh teks cerpen dan unsur intrinsik yang diberikan oleh guru dengan cermat. (literasi)
    •  

    Problem statement

    • (pernyataan/ identifikasi masalah)
    • Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
    • Peserta didik mengidentifikasi masalah dengan membuat pertanyaan-pertanyaan mengenai unsur-unsur intrinsik cerita pendek.

    Data Collection

    • (pengumpulan data)
    • Secara berkelompok, peserta didik berdiskusi untuk:
    • Menyimpulkan unsur-unsur pembangun karya sastra dengan bukti yang mendukung dari kutipan teks cerita pendek yang dibaca. (berpikir kritis, kerja sama)

    Data Processing

    • (Pengolahan Data)
    • Peserta didik mengolah informasi dari materi tentang cerita pendek dari hasil kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan langkah-langkah pengerjaan pada lembar kerja. (berpikir kritis)
    • Peserta didik membuat simpulan unsur-unsur pembangun karya sastra (cerpen) yang terdapat dalam kutipan cerpen yang telah dibaca.
    • Verification (pembuktian)
    • Masing-masing kelompok menyajikan hasil dengan santun dan kelompok lain menanggapi. (communication).
    • Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik.

    Generalization

    • (menarik kesimpulan)
    • Peserta didik dan guru menyimpulkan kegiatan pembelajaran (kerja sama)
    • KEGIATAN PENUTUP
    • Peserta didik diminta untuk merefleksi kegiatan pembelajaran yang terkait dengan penguasaan tujuan pembelajaran yang diharapkan.

    Peserta didik mengisi lembar evaluasi tertulis dengan jujur dan mandiri

    Guru memberikan penghargaan kepada peserta didik yang mempresentasikan hasil kerjanya.

    Guru memberikan tugas untuk dilakukan di rumah (mandiri)

    Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

    Peserta didik mengucapkan salam

    • 15 menit
    •  
    • Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan 
    • Penilaian Pembelajaran
    • Teknik Penilaian                :  Penugasan
    • Bentuk Penilaian                :  Produk
    • Instrumen Penilaian            :  LKPD

    • Remedial
    • Pengayaan
    •  
    •  
    • Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar 
    • Media                          :  Laptop, Infocus, dan Contoh kutipan teks cerpen 
    • Bahan                          :  Power Point (ppt), LKPD
    • Sumber Belajar           :  Internet
  • Tiakur, ...... Agustus 2022

    Mengetahui,

    Kepala Sekolah

    Guru Mata Pelajaran

    Deddi N. Rupilu, S.Pd

    M. Melaira, S.Pd

    NIP. 198511122011011010

    NIP. 198404212014051001

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun