Mohon tunggu...
Marius Gunawan
Marius Gunawan Mohon Tunggu... Profesional

Tulisan sebagai keber-ada-an diri dan ekspresi hati

Selanjutnya

Tutup

Kandidat Artikel Utama

Ketika Kedua Putra Jokowi Digoda Partai Politik

27 Juli 2019   12:21 Diperbarui: 28 Juli 2019   07:43 0 11 7 Mohon Tunggu...
Ketika Kedua Putra Jokowi Digoda Partai Politik
Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep, kedua putra Presiden Joko Widodo saat wawancara eksklusif dengan Kompas.com, di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/8/2017). (KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG)

Sejarah politik di Indonesia tidak luput dari gejala dinasti politik. 

Sebenarnya hal itu biasa, bahkan terjadi juga di negara yang dianggap sudah matang dalam kehidupan demokrasinya. Sebut saja Amerika Serikat. Kita tahu di sana ada di dinasti politik keluarga  Kennedy dan Bush.

Untuk Indonesia ada banyak dinasti yang bisa disebutkan. Misalnya saja: Keluarga Sukarno, Soeharto, SBY dan kini apakah Jokowi juga akan menyusul?

Selama ini memang belum ada terdengar bahwa putra-putri Jokowi berminat masuk ke kancah politik. Bahkan mereka langsung terlihat lebih tertarik dengan bisnis seperti membuka restoran dan jualan martabak serta pisang 

Namun sepertinya hal itu bisa saja berubah. 

Hal itu dimulai dari hasil survei yang dilakukan oleh Laboratorium Kebijakan Publik Universitas Slamet Riyadi (Unsri) menyebut anak pertama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Gibran Rakabuming, masuk dalam bursa Pemilihan Wali Kota Surakarta 2020-2025. ( Tempo.co.id)

Hasil survei inipun langsung ditanggapi oleh partai - partai politik yang ada di Indonesia. 

Bukan main - main ada beberapa partai menengah menyambut antusias hasil survei itu sepeti PKS, PKB dan bahkan PDIP menyatakan siap dijadikan perahu pendukung putra sulung Presiden RI ini. (Liputan6.com)

Jokowi sendiri sebagai bapak Gibran menanggapi dengan sikap terbuka, "Ya tadi malam saya baca hasil surveinya. Saya senang saja," kata Jokowi sebelum bertemu dengan Koalisi Indonesia Kerja di Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (26/7/2019). (Detik.com).

Dengan tanggapan ini, Jokowi juga menggarisbawahi bahwa dia akan mendukung apa yang diinginkan oleh putra - putranya. 

Tentu semua ini menimbulkan pertanyaan dan analisa dari berbagai pihak. Ada yang mendukung tapi juga ada yang menolak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN