Ketika kamu menulis di media digital, kamu ingin tulisanmu berada di halaman pertama di google? Hal tersebut bukanlah sesuatu yang mustahil! Yuk simak beberapa penjelasan dibawah ini!
Apakah sebelumnya kamu pernah mendengar istilah Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM)?
Secara sederhana, SEO dan SEM digunakan oleh para pengguna digital agar produknya bisa diketahui oleh masyarakat luas ketika mereka mencari di google.
Ketika kita mengetik 'makanan enak di Solo', google dapat memberikan suggestion kepada pengguna untuk mendapatkan hal tersebut, mulai dari harga yang termahal, varian yang beragam atau mungkin restoran yang jarang dikunjungi masyarakat Solo.

Search Engine Marketing (SEM)
SEM merupakan bagaimana seseorang mempromosikan produknya ketika berjualan. Sebagai contoh, ketika kamu ingin berjualan melalui instagram, kamu sebagai produsen harus 'mempercantik' instagram dari segi konten, layout, tone warna, caption dan segala macam detailnya, setelah itu baru kamu bisa mempromosikan produk yang kamu jual.
Ketika dari segi konten sudah cukup menarik untuk dilihat masyarakat luas, biasanya perusahaan membayar sejumlah nominal yang nantinya akan dibayarkan (ads) kepada google, agar produknya bisa berada di uratan teratas atau halaman pertama.
Ketika sudah menaruh ads atas website mereka, maka dikenal istilah pay per click (ppc) dimana mereka harus membayar sejumlah nominal yang telah disepakati ketika orang-orang membuka website tersebut.
Salah satu keuntungan SEM adalah, pengelola website dapat melihat analytical service atau secara detail berapa orang yang berkunjung ke website, berapa rentan usia pengunjung, berasal dari mana, dan data secara detail lainnya. Adanya data-data tersebut dapat membuat pengelola mengetahui target pasar dari website tersebut.

Search Engine optimization (SEO)Â
Jika dalam SEM ada kewajiban membayar sejumlah uang agar website nya berada di urutan pertama, SEO tidak mengeluarkan uang untuk berada di halaman pertama. Maka, pengelola website harus mengoptimalkan konten dari website tersebut.
Setelah kamu mengoptimalkan konten dalam website yang kamu kelola, tahap selanjutnya adalah kamu harus memahami target pasar dari produkmu, memahami apa isi konten dari website dan juga alamat website yang digunakan juga harus mudah untuk dikenali dan diingat oleh masyarakat luas. Â
Terdapat lima strategi SEO ketika kamu ingin tulisan kamu berada di paling atas, yaitu:
- Optimalkan kode HTML websiteÂ
- Riset kata kunci dan kata pencarian
- Mengetahui dan mempelajari website 'lawan' dan sistem mesin pencarian
- Membuat konten yang berkualitas
- Memantau perubahan peringkat kata kunciÂ
Mengoptimalkan judul juga merupakan poin penting, agar saat seseorang mencari judul melalui kata kunci di kolom pencarian, website kamu bisa muncul di urutan atas dan website kamu bisa mencapai jumlah traffic yang banyak.
Mesin pencari atau search engine akan membuat peringkat dari konten atau dokumen yang ada dengan membuat algoritma.
Terdapat beberapa hal yang mempengaruhi peringkat dalam pencarian, yaitu :
- Judul, header dan gambar
- Konten yang berkualitas
- HyeperlinkÂ
- Potongan teks berisi tautan link (anchor link)
- Link yang banyak dikunjungi untuk menambah kredibilitas websiteÂ
- Kepadatan kata kunci
Untuk beriklan di google terdapat dua cara, yaitu:
- Google Adworks : berdasarkan tulisan.
- Google Adsense : berupa gambar yang biasanya muncul di portal berita di sisi atas, kanan maupun kiri.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI