Mohon tunggu...
ayu manda sri
ayu manda sri Mohon Tunggu... sub-idn

hidup terus maju

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswi UNTAG surabaya Memberdayakan UMKM Melalui Pelatihan Digital Marketing

17 Januari 2021   16:52 Diperbarui: 17 Januari 2021   17:00 68 1 0 Mohon Tunggu...

Sidoarjo -- 7 Desember 2020, Nur Nani Ayu Manda Sari adalah salah satu mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya dari Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik melakukan KUliah Kerja Nyata (KKN) di Jl. Raya By Pass Juanda -- Sedati dengan dibimbing oleh Ibu Fitri Norhabiba,S.I.Kom,M.I.Kom selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL)  dengan program kerja pemberdayaan UMKM melalui pemasaran digital melalui sosial media.

Pelaksanaan KKN yang sebelumnya dilaksanakan secara berkelompok sedangkan untuk tahun ini mahasiswa UNTAG Surabaya tetap melaksanakan KKN secara individu di wilayah domisili masing-masing dikarenakan adanya pandemic covid-19.

"Pada daerah ini terdapat warga yang memiliki usaha angkringan namun belum paham mengenai pemasaran melalui digital marketing, masyarakat di sini juga masih minim sekali pengetahuannya mengenai pengoperasian sosial media" Ujar Pemilik UMKM Angkringan.
Dari hasil informasi yang didapat dari pemilik UMKM Angkringan, mahasiswi Universitas 17 Agustus Surabaya berinisiatif untuk melakukan pemberdayaan UMKM melalui pelatihan pemasaran digital melalui sosial media dengan cara sosialisasi. 

Target sosialisasi ini tidak hanya warga yang sudah memiliki usaha saja melainkan seluruh warga yang memiliki UMKM di sekitar Jl. Raya By Pass Juanda -- Sedati.

Sosialisasi dilaksanakan selama 2 hari dan dilakukan secara tatap muka dengan membagi materi secara langsung dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan guna memutus rantai penyebaran covid-19.

Untuk pelaksanaan kegiatan pertama sosialisasi (27/12), pemateri memberikan materi bagaimana cara membuat serta mengoperasikan media sosial instagram sebagai media pemasaran. Pemateri memilih media sosial instagram sebagai media utama untuk promosi dikarenakan instagram dinilai jauh lebih efektif dalam pemasaran dibandingkan dengan media sosial lainnya. Sosial media instagram terbukti karena banyak kaum-kaum milenial yang menggunakannya.

Untuk pelaksanaan kegiatan di hari kedua (28/12), pemateri memberikan materi bagaimana cara efektif penggunaan media sosial instagram serta cara mengalih fungsikan akun pribadi menjadi akun bisnis.

Selain melakukan sosialisasi bersama warga serta pelaku UMKM Manda, juga melakukan pemberdayaan terhadap UMKM angkringan dalam proses pembuatan banner, mengganti gelas kaca menjadi gelas enamel serta merenovasi gerobak milik pelaku UMKM yang masih sangat sederhana sehingga diharapkan dengan ini dapat menarik minat pembeli dan meninggalkan kesan kuno dan agar dapat mengikuti perkembangan jaman .Dan juga memberikan solusi serta inovasi dalam membuat bumbu untuk tusukan satenya.

Harapan setelah terlaksananya kegiatan ini yaitu UMKM yang sedang dijalankan oleh Brilian Handika selaku pemilik mitra UMKM menjadi lebih maju dan dapat berkembang dengan baik mengikuti perkembangan jaman . Seperti yang sudah diharapkan sebelumnya dan tentu saja agar dapat memberikan pemahaman yang lebih luas mengenai kiat-kiat pemasaran di era digital terutama dengan menggunakan media sosial instagram.

VIDEO PILIHAN