Mohon tunggu...
MamikSriSupadmi
MamikSriSupadmi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

KaderPosbindu. Pokja dan BinaLingkungan diDesa.

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Rencana untuk Hari Tua; Berkah Pensiun Produktif

19 September 2022   12:23 Diperbarui: 19 September 2022   12:29 44 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Finansial. Sumber ilustrasi: PEXELS/Stevepb

Bagi kebanyakan orang pensiun yang dianggap paling nyaman adalah mereka pensiunan pegawai negeri. 

Sematan ini tentu saja karena usia pensiun mereka ada nilai kenyamanan tetap berpenghasilan bulanan., nyaman finansial judulnya. Tentu saja bisa ya bisa tidak kalau ditanyalan ke individu yang bersangkutan soal rasa nyaman karena ada penghasilan tetap ini. 

Harap maklum karena ada pula yang mengaku masih punya tanggungan hutang jangka panjang sehingga gaji pensiun dialokasikan untuk menutupi tanggungan tersebut.

Ya sudahlah, yang penting adalah baik aparatur negara maupun swasta / wiraswasta harus mempersiapkan dana atau invest untuk masa tuanya. Ini hal mendasar yang harus dipahami oleh kita semua untuk melewati usia senja.dengan aman, nyaman dan bahagia pastinya. Kebetulan orang tua saya adalah pensiunan PNS dan Wiraswasta. 

Ada ilmu yang saya pelajari untuk bisa diterapkan. Yang jelas dimasa muda, disiplin keuangan dan penghasilan adalah ilmu dasar.  Tetap bisa bersenang senang? Harus dimodifikasi dong.

Sebagai wiraswasta / pedagang dengan penghasilan yang jumlahnya tidak sama hariannya, per minggu kita harus menyisihkan sejumlah penghasilan untuk ditabung. Saya juga memilih saving asuransi di tempat yang terpercaya dengan jangka waktu tahunan dan premi ringan tiga bulanan agar di usia tertentu nanti seperti merasa mendapat pesangon. 

Jangan lupa pilih asuransi yang mengcover untuk kesehatan juga. Jadi ada nilai plus tambahan yaitu rasa aman. Invest dalam bentuk fisik adalah mempunyai ruko / lapak untuk disewakan nantinya. Dijual juga bisa. Menjadi anggota arisan paguyuban pasar dan  jangan lupa rajin menabung di koperasi / lingkungan adalah saving tambahan untuk keperluan Hajatan, membayar pajak kendaraan, Lebaran dan beberapa hal tak terduga lainnya. 

Tentu saja jumlah uang yang disisihkan sesuai dengan kemampuan. Arisan dan menabung tersedia dalam berbagai jumlah rupiah yang fleksibel.  Tidak usah muluk muluk ,semua perencanaan itu lakukan dengan disiplin agar nanti benar benar memperoleh hasil.

Diusia senja alias katagori masuk usia pensiun, tekunilah hobbi. Hobbi yang menghasilkan juga bisa. Dederan alias tanaman pembibitan sayur yang mudah dan sederhana seperti bayam, cabe, dan tomat bisa dilakukan.  Kalau kebun agak luas bisa menanam gambas oyong, kangkung, terong dan jenis tanaman yang lain. 

Pupuk sederhana untuk daun dan buah  dan disiram air yang cukup, sayuran gampang tumbuh. Punya hobbi yang lain? Boleh saja. 

Menanam bunga dan tanaman hias,  merawat burung, bergabung dalam paguyuban kesenian dan kebudayaan bisa dilakukan. Berbagi ilmu wawasan juga tetap dianggap produktif bukan? Dan lebih sehat serta bahagia karena banyak berkumpul, bercengkerama dengan komunitasnya.  Semoga masa depan dan masa tua  terencana bahagia. 

     

Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan