Wisata highlight

9 Alasan Berlibur ke "The Ranch Megamendung", Puncak Bogor

10 Oktober 2017   16:46 Diperbarui: 11 Oktober 2017   14:49 743 3 1
9 Alasan Berlibur ke "The Ranch Megamendung", Puncak Bogor
The Ranch Megamendung Puncak (Dokumen Pribadi)

Bagi warga Cikarang, pembangunan Meikarta merupakan suatu keuntungan. Salah satunya adalah bisa menikmati indahnya taman "Central Park" Meikarta. Bayangkan, dulu lahan ini hanyalah tanah tandus dan gersang, tapi sekarang menjadi kawasan elit. Namun disisi lain, pembangunan ini menghasilkan debu yang tak sedikit. Udara Cikarang yang sudah panas bertambah dengan debu menjadi semakin tidak sehat. Karenanya, pergi ke pegunungan dengan udara segar merupakan pilihan yang tepat untuk saya yang tinggal di Cikarang. Puncak Bogor atau Lembang Bandung adalah destinasi favorit dan terdekat.

Beberapa bulan yang lalu, The Ranch Lembang membuka cabangnya di Megamendung, Puncak. Lokasinya strategis dan mudah dicari, kurang lebih 1 km dari Cimory Riverside. Sabtu lalu, saya mengajak keluarga berlibur kesana. 

Jika sebelumnya masih dalam tahapan renovasi dan finishing, kemarin saya lihat sudah 95% dan sudah bisa "dinikmati". Karenanya, The Ranch Megamendung sangat cocok dan wajib masuk ke daftar destinasi wisata keluarga dan liburan anak. Berikut alasannya :

1. Udara Puncak yang Segar

Lokasi The Ranch terletak di jalan Raya Puncak KM 77, Cisarua. Meskipun tidak sedingin Cipanas tapi udaranya tetap segar. Jalan-jalan berkeliling disini lumayan untuk memanjakan paru-paru dengan udara bersih dan kaya oksigen.

The Ranch Megamendung Puncak (Dok. Pribadi)
The Ranch Megamendung Puncak (Dok. Pribadi)

2. Bersantai dengan Pemandangan Indah

Jika dari jalan raya, tidak ada yang menyangka  kalau setelah masuk ke tempat ini, kita dihadapkan pada pemandangan yang hijau dan cantik. Disini kita bisa duduk bersantai sembari melihat indahnya pemandangan. 

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

3. Harga Terjangkau

Harga tiket masuk The Ranch Puncak sebesar Rp. 20.000. Tiket ini bisa ditukar dengan segelas susu atau potongan harga saat makan di restoran The Taste of Bandung. Harga ini worthed banget untuk tempat sebagus dan senyaman ini.

Pilihan Susu Segar yang Bisa Dipilih (Dok. Pribadi)
Pilihan Susu Segar yang Bisa Dipilih (Dok. Pribadi)

4. Mengenalkan Binatang kepada Anak

The Ranch adalah tempat yang bagus untuk melihat dan juga naik kuda. Tapi di The Ranch Puncak, selain kuda terdapat area untuk domba dan kelinci. Areanya cukup luas loh! Anak-anak pasti suka melihat binatang-binatang ini.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

5. Mencoba Naik Kuda

Seperti The Ranch Lembang, disini kita bisa mencoba naik kuda dengan kostum cowboy yang unik. Sekali naik kuda, kita musti membayar Rp. 35.000. Anak-anak pasti senang!

Naik Kuda (Dokumen Pribadi)
Naik Kuda (Dokumen Pribadi)

6. Banyak Aktivitas untuk Anak

Aktivitas untuk anak di The Ranch Puncak sedikit berbeda dengan yang di Lembang. Disini ada panahan tradisional, melukis keramik, lego, trampolin, dan mainan naik kuda-kudaan seperti yang ada di mall. Aktivitas yang layak dicoba adalah panahan. Dengan membayar Rp. 25.000 (8 x panah) anak akan dipakaikan kostum unik untuk memanah.

Aktivitas Anak di The Ranch Puncak (Dok. Pribadi)
Aktivitas Anak di The Ranch Puncak (Dok. Pribadi)

7. Wisata Kuliner Bersama keluarga

Salah satu kelebihan The Ranch Puncak adalah restoran yang luas. Terdiri dari 2 lantai dengan kapasitas yang besar. Jadi, tidak perlu kuatir "rebutan meja" dengan pengunjung yang lain. Tagline dari restoran ini adalah "Taste of Bandung". Jadi menu makanannya rasa Bandung. Interior restoran bagus. Pas banget untuk makan bersama keluarga.

Suasana Restoran Taste of Bandung : pas untuk bersantai-ria (Dok. Pribadi)
Suasana Restoran Taste of Bandung : pas untuk bersantai-ria (Dok. Pribadi)

8. Fasilitas Memadai

Seringkali kita mengalami kesulitan parkir saat berada di tempat wisata, maka tidak perlu was-was disini. Parkir kendaraan yang disediakan sangat luas. Begitu juga dengan alur keluar-masuk kendaraan, sudah teratur dengan baik. Selain itu, the Ranch Puncak juga meminjamkan kursi roda untuk pengunjung yang membutuhkan. Untuk ibu-ibu yang suka belanja, juga ada factory outlet loh. Lengkap deh!

9. Kekinian dan Instagramable

Konsep yang dipakai The Ranch Puncak adalah negeri dongeng. Dengan konsep ini, maka tercipta spot-spot cantik untuk berfoto-ria. Dari taman bunga yang cantik, jembatan, bangunan, sampai rumah-rumah bernuansa Eropa. Yang paling menarik adalah Jembatan Dongeng, Terminal Naik Kuda, Candy Barrel. 

Sedangkan yang sangat tidak boleh dilewatkan adalah rumah bernuansa Eropa yang lengkap dengan taman bunga. Berpose duduk di kursi taman pun udah keren loh! Jadi jangan heran sampai disana yang terlihat adalah orang-orang yang sibuk berfoto-ria. Instagramable banget sih!

Beberapa Spot Favorit Pengunjung (Dok. Pribadi)
Beberapa Spot Favorit Pengunjung (Dok. Pribadi)
Rumah Berarsitektur Belanda (Dok. Pribadi)
Rumah Berarsitektur Belanda (Dok. Pribadi)
Taman Bunga yang Cantik. (Dok. Pribadi)
Taman Bunga yang Cantik. (Dok. Pribadi)