Mohon tunggu...
Malinda Sembiring
Malinda Sembiring Mohon Tunggu... Dosen - Anything is possible if you believe in Allah

Founder & Sociopreneur @sangerlearning| Halftime Emcee-Moderator-Speaker| Fulltime Learner-Teacher-Lecturer| Ig/twitter @mssembiring_

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Dibikin Simpel dengan Mobile BCA dan Sakuku

9 Desember 2018   22:45 Diperbarui: 9 Desember 2018   23:18 847 2 2 Mohon Tunggu...

Keluar rumah tanpa dompet dan uang tunai. Emang bisa?

Sejak kampanye besar-besaran soal Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) pada 2016 oleh Bank Indonesia bersama Kompasiana, perbankan mulai memunculkan berbagai aplikasi untuk memudahkan transaksi sekaligus memberikan penawaran menarik bagi konsumen. 

Sebagai pendatang yang baru setahun dibikin simpel dengan cardless dan cashless, ada banyak manfaat dari menggunakan aplikasi perbankan dan e-wallet untuk transaksi sehari-hari, dibandingkan dengan memakai kartu dan uang tunai.

Awalnya, saya merupakan nasabah salah satu bank swasta yang harus setor tunai dan transaksi langsung melalui teller. Hal ini sangat menguras waktu dan tenaga. Belum lagi kadang cukup membahayakan bawa uang tunai dalam jumlah besar untuk ditabung di bank. 

Setelah dapat pengetahuan soal manfaat dan kemudahan dari GNNT, akhirnya saya memberanikan diri untuk detoks diri dari melakukan transaksi langsung di bank dan menggunakan uang tunai dalam transaksi sehari-hari. Pilihan saya waktu itu jatuh pada Mobile BCA (M-BCA) lalu beberapa pekan ini mulai mengunduh aplikasi Sakuku yang juga produk dari BCA.

Bicara soal M-BCA ini, saya benar-benar puas dengan semua fitur yang disediakan. Saya paling sering menggunakan M-BCA untuk fitur m-info, m-transfer, dan m-commerce. Ketiga fitur ini merupakan andalan saya dalam menjalani aktivitas, selain m-payment, tarik tunai, dan QR kode. Berikut gambaran fitur M-BCA:

M-Info: Fitur ini memudahkan nasabah untuk mengecek secara berkala saldo, mutasi rekening, rekening deposito, info reward BCA, info reksadana, RDN, KPR, dan kartu kredit. Keberadaan m-info ini dapat menggantikan penggunaan buku tabungan, tentu merepotkan kalau kita harus datang ke bank sekedar untuk cetak buku, untuk mutasi rekening kita dapat simpan salinannya.

M-Transfer: Fitur yang satu ini merupakan penolong sekali. Apalagi untuk pejuang cashless seperti saya. Mulai dari transfer antar rekening, antar bank, BCA virtual account, dan top-up sakuku. Kita tidak perlu lagi sibuk mencari ATM untuk transfer karena fitur m-transfer sudah memberikan kemudahan dalam genggaman. Terakhir kita bisa top-up sakuku dan memanfaatkan promo menarik yang ada di aplikasi sakuku.

M-Commerce: Fitur ini bisa digunakan untuk isi ulang pulsa, PLN prabayar, dan PLN manual advice. Kalau tiba-tiba kehabisan pulsa atau belum bayar listrik, bisa langsung pakai fitur m-commerce ini.

M-Payment: Fitur ini bisa dipakai untuk bayar kartu kredit, handphone, telepon, asuransi, internet, dan pinjaman.

Tarik Tunai: Butuh uang cash tapi lupa bawa paspor BCA? Dibikin simpel saja dengan cardless yang ada di M-BCA. Cukup langsung ke ATM dan pastikan bahwa ATM yang dipilih menyediakan pecahan yang diinginkan, nasabah langsung dapat mengambil uang tanpa butuh memasukkan kartu ke mesin ATM.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x