Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Konsultan - Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Lansia mantan pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Kapal Selam Swedia yang Unik dengan Teknologi AIP

10 Agustus 2021   17:57 Diperbarui: 10 Agustus 2021   19:04 499 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Kapal Selam Swedia yang Unik dengan Teknologi AIP
Sumber: naval-technology.com

AIP (Air Independent Propulsion) atau Propulsi Udara Independen, sistem AIP telah diperkenalkan lebih luas jangkauannya di kapal selam diesel-listrik versi militer, yang dapat mengurangi seringnya kapal selam untuk muncul di permukaan mengambil udara, sehingga jauh lebih sulit untuk dideteksi.

Jet tempur "Gryphon", kapal selam kelas "Gotland", fregat siluman kelas "Visby", dll. Senjata yang sudah dikenal ini semuanya dibuat oleh Swedia, dan kapal selam Swedia juga unik di antara kapal selam di dunia.

Sumber: naval-technology + Gaming Asylum
Sumber: naval-technology + Gaming Asylum

Terutama dalam 50 tahun setelah berakhirnya Perang Dunia II, kapal selam Swedia secara bertahap membentuk karakteristik gaya unik mereka sendiri dan telah mengambil jalan yang berbeda dari negara-negara pembuat kapal selam lainnya.

Swedia menjadi salah satu negara dengan teknologi kapal selam tercanggih di dunia.

Penelitian Swedia selama bertahun-tahun di bidang AIP membuat kapal selam kelas "Gotland" akhirnya selesai dan dioperasikan.

Menciptakan kelanjutan dari aplikasi praktis kapal selam AIP. Kapal selam A-26 secara alami melanjutkan keunggulan ini. Sebagai "pendahulu" teknologi AIP, maka kapal selam kelas "Gotland" mulai dirancang pada tahun 1990, dan AL Swedia telah dilengkapi dengan kapal selam ini sebanyak 3 unit, Yaitu Kapal
Selam Kelas Gotland, Kapal Selam Kelas Uppland, Kapal Selam Kelas Halland


Ciri penting dari kapal selam kelas "Gotland" lebih unggul dari kapal selam konvensional biasa, dan juga terobosan teknologi kapal selam kelas "Gotland", adalah dilengkapi dengan sistem Stirling AIP berdasarkan unit daya ekstraksi minyak.

Stirling Air-independent propulsion (AIP), atau air-independent power, adalah teknologi propulsi laut yang memungkinkan kapal selam non-nuklir beroperasi tanpa akses ke oksigen atmosfer (ke permukaan atau menggunakan snorkel). AIP dapat menambah atau mengganti sistem propulsi diesel-listrik kapal non-nuklir.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Teknologi Selengkapnya
Lihat Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan