Mohon tunggu...
Sucahya Tjoa
Sucahya Tjoa Mohon Tunggu... Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Saya seorang pengusaha dan konsultan teknik aviasi, waktu senggang gemar tulis menulis. http://sucahyatjoa.blogspot.co.id/

Selanjutnya

Tutup

Teknologi Pilihan

Mengamati Pembangunan Kapal Induk Tiongkok Tipe 003 dan 004

4 Juni 2020   18:11 Diperbarui: 4 Juni 2020   18:22 1341 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengamati Pembangunan Kapal Induk Tiongkok Tipe 003 dan 004
Sumber:Reddit.com

Simbol paling intuitif kekuatan angkatan laut suatu negara adalah ukuran armada kapal induk. Militer AS terkuat di dunia saat ini memiliki 11 kapal induk, jauh di depan melebihi negara-negara lain, tetapi Tiongkok telah menggunakan kecepatan konstruksi atau membangun untuk menunjukkan kepada dunia potensi AL-nya meskipun lebih muda tapi dapat membuat yang lebih kuat dan hebat.

Saat ini Tiongkok telah mengoperasikan kapal induk Liaoning yang terutama  digunakan tugas-tugas pelatihan untuk melatih lebih banyak tenaga teknis untuk kapal induk masa depan, untuk memastikan bahwa kapal induknya memiliki tenaga profesional yang terampil secara teknis untuk menghindari fenomena kapal dan lainnya.  

Kapal induk 002 Shandong telah diluncurkan tahun lalu dan telah menjalani uji coba laut dengan kapal-kapal pendukung komprehensifnya sebanyak 89 kapal, sekarang sudah siap dan dalam pelayanan AL-PLA.

Setelah kapal induk ini beroperasi, Tiongkok menjadi negara kedua di dunia yang dapat menunjukkan armada kapal induk ganda. Kapal induk 002 dinamai "Shandong". Faktanya, mayoritas penggemar militer lebih peduli dengan kapal induk 003.

Lagi pula, kesenjangan antara tonase dari dua kapal induk pertama terlalu besar dibandingkan dengan kapal induk AS. Baca:

Mengintip Perkembangan Teknologi Kapal Induk Tiongkok Dalam Rangka Menangkal AL-AS

Sumber: youtube.com
Sumber: youtube.com
Bagaimana kemajuan dari kapal induk 003 sekarang? Meskipun Jenderal Jin Yinan (mantan direktur lembaga penelitian strategis di Universitas Pertahanan Nasional PLA) mengatakan bahwa kapal induk 003 telah dibangun pada awal Maret 2015, sumber-sumber industri mengatakan bahwa itu sebenarnya dimulai pada tahun 2016 karena masalahnya bahwa desain asli ketapel uap diubah menjadi ketapel elektromagnetik (Electromagnetic Aircraft Launch System /EMALS).

Dugaan pengamat sangat mungkin. Jenis kapal induk ini akan dibangun dua kapal sekaligus, yaitu kapal induk 003 dan saudaranya kapal induk 004.

Efektivitas tempur 003 telah sangat meningkat dibandingkan dengan kapal induk 002.  DWT muatan penuh akan meningkat hampir 20.000 ton menjadi sekitar 80.000 ton; penggunaan EMALS dan Electronic Blocking (pemblokiran elektromagnetik) akan sangat meningkatkan mobilisasi dan efisiensi pemulihan pesawat tempur; AWACS KJ-600 (pesawat peringatan dini)  dan J-15T (tipe EMALS) untuk meningkatkan efektisitas daya tempurnya yang lebih kuat, bahkan pesawat anti-kapal selam yang berbasis kapal induk juga akan ikut melayani, sehingga kamampuan anti-kapal selam dari armada akan mencapai tingkat yang baru.

Total kapasitas kapal induk dari kapal induk No. 003 akan memuat melebihi 60 pesawat, dan tidak diragukan lagi akan menjadi kapal induk bertenaga konvensional No. 1 di dunia. Dan di masa depan, akan ada pesawat tempur generasi kelima siluman berbasis kapal induk, dan armada di bawah kapal induk No.003 dengan kapal perusak 055 dapat sepenuhnya mematahkan pergelangan tangan armada kapal induk Nimitz.

Sumber: militarywatchmagazine.com
Sumber: militarywatchmagazine.com
Kapal induk 003 juga dibangun secara modular seperti semua kapal besar lain di Tiongkok, telah dimulai hampir dua tahun dari sekarang, dan modul-modulnya pada dasarnya telah selesai, dan akan memasuki tahap docking dan tahap perakitan modul.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
VIDEO PILIHAN