Mohon tunggu...
Majawati
Majawati Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Keberagaman itu indah. Mengajari untuk menghargai perbedaan, harmonisasi dan saling melengkapi

Selanjutnya

Tutup

Money Pilihan

Mengenal Ragam Layanan Jasa Kirim JNE di Bolang Talkshow

7 November 2018   06:00 Diperbarui: 7 November 2018   06:06 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kumpul blogger Kompasiana Malang atau lebih dikenal dengan sebutan BOLANG sudah sering digelar. Pada Minggu 28 Oktober 2018 yang lalu BOLANG kembali menggelar acara Talkshow "Inovasi Marketing Online Bersama JNE" di Hotel Atria Malang. 

Sekitar 50 orang hadir pada acara tersebut meliputi anggota komunitas Bolang, perwakilan mahasiswa dan komunitas yang lain. Pada talkshow kali ini Bolang bekerja sama dengan JNE dan Smartfren Community Malang. Hadir di acara ini membuka wawasan kami tentang beragam layanan jasa kirim JNE. 

Saya memang pernah menggunakan jasa kirim JNE untuk kirim paket makanan ataupun dokumen. Saya kenalnya hanya Regular dan YES saja. Rupanya saya kudet ya......  hehehe..... 

Dari penjelasan Sarifah Nazriah , selaku Public Relation JNE Malang ternyata jasa kirim di JNE begitu beragam. Dari pemaparan beliau saya baru paham bahwa layanan kirim JNE bisa membantu pengirim maupun penerima dalam mengantarkan paket sesuai kebutuhan pengguna jasa.

Beragam Produk Layanan JNE

Jasa layanan kirim JNE itu beragam, antara lain : jasa kirim berdasarkan kecepatan sampai tujuannya dibedakan menjadi Regular, YES (Yakin Esok Sampai) dan SS (Super Speed). Pengiriman paket dengan tarif ekonomis bisa pilih OKE (Ongkos Kirim Ekonomis). 

Jasa pengiriman berbasis online bisa menggunakan produk JOP (JNE Online Payment), JOB (JNE Online Booking), My JNE. Ada pula layanan pengiriman ASI untuk ibu menyusui, layanan jasa pengemasan paket. Pengiriman jumlah besar dapat menggunakan jasa JTR yaitu JNE Trucking.

 Bahkan JNE melayani pengiriman tujuan luar negeri. Untuk lebih lengkapnya kunjungi website JNE agar mendapat manfaat sebagai pengirim dan pengguna jasa kiriman yang sesuai dengan kebutuhan.

Apa itu PESONA Pesanan Oleh-oleh Nusantara? 

Dari penjelasan Humas JNE Malang, yang menarik hati saya adalah produk PESONA atau Pesanan Oleh-oleh Nusantara. Mengapa paling menarik. 

Betapa sering saat jalan-jalan ke suatu daerah, pasti beli oleh-oleh. Namanya oleh-oleh biasanya tidak kita makan sendiri, untuk dibagi-bagi ke teman, tetangga, kolega, kerabat. Lalu...... kita sendiri nggak kebagian. Pernah seperti saya? Kalaupun kebagian, masih kuraaaangg. Hehehe.... Masak sih balik ke sana? Akhirnya cuma bisa menyesal dan mengenangnya (sambil ngiler).

 Nah, layanan PESONA dari JNE akan sangat membantu, kalau kurang kita bisa pesan, kalau suatu saat kangen makanan itu juga masih bisa menikmatinya lagi dengan bantuan JNE. Tentunya dengan tambahan ongkos kirim, tetapi tentunya dapat menjawab kerinduan kita bukan? Sebandinglah! 

Daripada beli terlalu banyak, merepotkan saat kita sedang traveling dengan terlalu banyak bawaan oleh-oleh. Vendor yang ada di PESONA bukan hanya jualan makanan dan minuman tetapi juga jualan souvenir. Ketika saya buka-buka websitenya, ah... ternyata ada beragam souvenir nusantara yang terpajang di sana.

 Ini juga menjadi kesempatan bagi daerah yang mempunyai keunggulan makanan, minuman dan souvenir khas daerahnya bergabung sebagai vendor JNE. Pelanggannya akan bertambah karena ada banyak orang yang ingin menikmati makanan khas daerah lansung dari asalnya. 

Para perantau yang kangen makanan asalnya juga bisa menggunakan jasa PESONA ini. Bagi UKM penjual makanan dan minuman khas daerah serta perajin bila bergabung di PESONA akan sekaligus memberi kesempatan pangsa pasar lebih luas dari jaringan pelanggan JNE.

Aneka Produk Oleh-oleh Nusantara yang dapat dipesan di layanan Pesona JNE
Aneka Produk Oleh-oleh Nusantara yang dapat dipesan di layanan Pesona JNE
Pelanggan JNE sudahkah menjadi member JLC?

Saat ini banyak tumbuh wirausaha dari rumah. Ibu-ibu rumah tangga, mahasiswa dan kalangan UKM yang berkembang usahanya dengan cara pemasaran online. Pertumbuhan ekonomi meningkat pesat dan melahirkan wirausahawan baru tanpa modal besar. 

Hanya melalui HP mereka bisa memasarkan produk-produknya dan diburu oleh pembeli di pasar online. Tak pelak jasa pengiriman pun kewalahan dengan pelanggan mereka yang membludak sekitar 3 tahun belakangan ini. 

Melalui pembicara Talkshow yaitu Niken Paramita yang membagikan kisahnya kepada peserta talkshow membuktikan bahwa kerja kerasnya berjualan produk-produk kebutuhan wanita secara online berbuah manis. Berjualan secara online memang membutuhkan jasa kirim. 

Kiriman barang-barang ke pelanggannya mengalir setiap hari, sehingga beliau menjadi pelanggan JNE untuk melancarkan usahanya dalam urusan pengiriman. 

"Menggunakan jasa JNE bisa dapat point dengan menjadi member JLC, pointnya bisa ditukar dengan hadiah menarik dan diskon khusus, bahkan ada lucky draw yang berhadiah paket wisata. Woooww bukan? Seperti yang saya terima yaitu memenangkan JNE Race To Moscow 2018. Saya hanya hoki, karena masih ada pelanggan lain yang lebih banyak pointnya dari saya waktu itu," papar Niken.

 Lalu, apa itu JLC? JLC adalah JNE Loyalty Card sebuah program keanggotaan bagi customer JNE yang melakukan pengiriman di Cash Counter JNE. Pelanggan JNE bisa menjadi member JLC dengan melakukan registrasi di website  jlc.jne.co.id . 

Untuk menjadi member JLC tidak dikenakan biaya. Mendengar penjelasan ini, saya segera hubungi anak saya yang saat ini juga sedang merintis usaha online.  

"Apa kamu sudah jadi member JLC? Kalau kirim barang pakai apa?" tanya saya. "Apa itu? Pakai JNE," jawab anak saya. Segera saya kirim foto brosur JLC. Sayang kan... kalau sudah jadi pelanggan JNE, rutin menggunakan jasa JNE kemudian kita sia-siakan kesempatan keberuntungan yang mungkin menghampiri kita. Seperti anak saya, meskipun hampir tiap hari kirim paket ke pelanggannya, diapun belum tahu dengan program ini.

jne-b-5be21ab0aeebe12e3d618322.jpeg
jne-b-5be21ab0aeebe12e3d618322.jpeg
Melalui Bolang Talkshow kali ini kami mendapatkan informasi tentang inovasi-inovasi dalam jasa pengiriman dan marketing secara online. Saat ini siapapun bisa sukses dalam berjualan, asalkan mempunyai produk yang bagus, berkualitas dan harganya kompetitif. T

ak lagi diperlukan merayu pembeli sampai berbusa-busa untuk mau membeli suatu produk. Cukup memajang produk itu agar tampak menarik dan secara rutin mempersuasi pelanggan, serta mau melayani chat pelanggan yang membutuhkan informasi.

 Dengan ditambah kerja keras, ketekunan dan menjaga kepercayaan kepada pelanggan, sukses sudah ada di depan mata. 

Jasa pengiriman mempunyai peran penting di dalam memperlancar usaha online, karena itu memilih jasa pengiriman yang profesional perlu menjadi pertimbangan untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Di akhir acara peserta mendapat tantangan kuis dari panitia untuk menjawab beberapa pertanyaan seputar materi talkshow serta lomba instagram. 

Bagi peserta yang mampu menjawab disediakan hadiah yang menarik dari sponsor.  Bagi yang belum bisa menjawab tidak perlu khawatir karena semua peserta juga mendapat souvenir dari Smartfren Community Malang berupa kotak pensil cantik. 

Sekitar pukul 21.00 acara berakhir, kami semua foto bersama sebagai kenang-kenangan. Sampai bertemu lagi di kumpul Bolang berikutnya.

Oleh : Majawati Oen

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun