Mohon tunggu...
Mahendra Paripurna
Mahendra Paripurna Mohon Tunggu... Berkarya di Swasta

Pekerja Penyuka Tulis Baca, Pecinta Jalan Kaki dan Transportasi Umum yang Mencoba Menatap Langit

Selanjutnya

Tutup

Sehat dan Gaya Pilihan

Ketika Anak Bertanya: Pah, Bolehkah Aku Tak Meminum Madunya?

20 April 2021   11:42 Diperbarui: 20 April 2021   12:20 293 14 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Ketika Anak Bertanya: Pah, Bolehkah Aku Tak Meminum Madunya?
Pixabay.com

Sebuah pertanyaan tiba-tiba dilontarkan oleh putra bungsuku usai menyelesaikan makan sahurnya beberapa waktu lalu. Mata lugunya menatapku menanti jawaban terucap dari bibirku.

Selama hadirnya pandemi aku memang membiasakan semua anggota keluarga untuk mengkonsumsi beberapa herbal.

Apalagi di akhir tahun lalu aku sempat terbaring di rumah sakit selama hampir dua bulan. Begitu juga dengan kedua anakku yang sempat tertular olehku walaupun kondisinya tidak tetlalu parah saat itu.

Dan untuk mempercepat kondisiku pulih kembali. Aku dan kedua anakku harus mengkonsumsi 3 herbal yaitu korma, jinten hitam (habbatussauda) dan madu. Sebagai penguat tubuh disamping obat-obatan medis.

Selama bulan puasa tubuh pasti mengalami penurunan stamina. Jika tidak hati-hati menjaganya kesehatan tubuh juga bisa ikut mengalami gangguan. Itulah sebabnya aku meminta seluruh anggota keluarga mengkonsumsi 3 herbal itu juga.

Di masa pandemi ini kebugaran tubuh sangat penting. Agar tidak tertular oleh virus Covid-19 yang memang mengincar orang-orang  yang berdaya tahan tubuh lemah.

Sebagian orang memanfaatkan suplemen dan vitamin untuk menunjang stamina dan memperbaiki kondisi tubuh. Seperti vitamin B Kompleks, Vitamin C, D dan E.

Aku lebih memilih herbal tersebut untuk menjaga stamina dan mengobati kondisi tubuh  yang menurun. Baik karena pasokan nutrisi yang berkurang selama bulan Ramadan. Ataupun kesehatan tubuh yang mengalami gangguan.

Aku membiasakan keluargaku mengkonsumsinya. Selain karena manfaatnya yang menurut para peneliti sangat baik. Ketiga herbal tersebut juga disebutkan keutamaannya baik di dalam Al Qur'an maupun Hadist yang diriwayatkan oleh para sahabat.

Rasulullah memberikan porsi penting bagi korma untuk dikonsumsi sebagai makanan pembuka di bulan Ramadhan.

Nabi bersabda, ''Jika salah seorang di antara kalian berbuka, berbukalah dengan kurma karena kurma itu membawa berkah. Jika tidak ada, berbukalah dengan air karena air itu bersih.'' (HR Abu Dawud).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN