Mohamad AB
Mohamad AB karyawan swasta

menulis untuk bertutur kata...........

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Sisi Lain Seminar Yamaha 2018 di Ajibarang

25 September 2018   13:15 Diperbarui: 26 September 2018   09:02 3568 0 0
Sisi Lain Seminar Yamaha 2018 di Ajibarang
Seminar bengkel umum Yamaha 2018,di SMK Ma'arif NU1 Ajibarang,25/9/2018.(dokumen P)

Sebagai tindak lanjut  kemitraan sekolah  dengan dunia usaha dunia industri, DU/DI, SMK Ma'arif NU1 Ajibarang melaksanakan  kegiatan Seminar  Yamaha sharing 2018. Acara yang diselenggarakan  25  September 2018 ini  berkat kerjasama PT Yamaha  dan SMK  Ma'arif NU1 Ajibarang jurusan Teknik  Sepeda Motor (TSM).

Berdasarkan  mutu isinya acara ini sangat  menarik untuk diikuti oleh para  peserta dari kalangan bengkel serta akademisi bidang teknik sepeda motor.

Dari 27 peserta yang yang mengikuti, tampak antusiasme yang tinggi hal ini ditunjukkan pada saat session pertanyaan, narasumber selalu dibanjiri pertanyaan  berkaitan teknologi baru  yang kini sedang dikupas habis di sini.

Hal yang menjadi trending topic di masyarakat ialah tentang teknologi blue core dari Yamaha. Pabrikan Yamaha Indonesia (PT YIMM) telah mendatangkan sosok engineering secara  langsung yang menguasai teknologi blue core, seperti yang di akui oleh Bpk. Arfian ,YIMM - DDS Jogjakarta, ketika memberikan keterangan kepada penulis.

Acara seminar gratis ini setidaknya merupakan bukti kepedulian sekolah bukan menjadi menara gading namun  menjadi menara air yang siap menyuburkan ilmu pengetahuan  bagi lingkungannya.  

Dalam Pesannya Kepala SMK Ma'arif NU 1 Ajibarang  Zaenudin, S.Pd ,M.Si  mengharapkan agar para peserta  seminar ini bisa memaksimalkan momen berharga ini  agar bermanfaat seoptimal mungkin bagi kemajuan di lingkungan kerja masing-masing.

Suatu manfaat yang besar setidaknya kepada lingkungan masyarakat bengkel di sekitarnya. Dari  27 utusan bengkel yang ada  yang merupakan perwakilan dari segenap  usaha bengkel di  kabupaten Banyumas. 

Dari segi manfaat hal ini merupakan upaya kecil Sekolah untuk mendorong  pengenalan  teknologi bidang otomotif khususnya sepeda motor. Dari seminar ini telah mengemuka. Apa sih keunggulan blue core itu? Intinya teknologi blue core ini akan dijadikan global platform engine oleh Yamaha, dimana mesin ini merupakan penyempurna dari mesin generasi sebelumnya (Ymjet-FI) yang mana bisa di bilang bahwa motor dengan teknologi blue core memiliki keistimewaan menjadi motor yang lebih Bertenaga.

Lalu apa sih kelebihan mesin dengan teknologi blue core secara detail nya? Menurut  Bapak Arfian, antara lain: Meningkatkan efisiensi di ruang bakar (increasing combustion efficiency).

Proses pembakaran disempurnakan sehingga bahan bakar lebih hemat, stabil dan efisien. Dengan teknologi khas Yamaha berupa DiASil Cylinder dan forged piston yang diklaim 3 kali lebih awet dari silinder dan piston konvensional, 3 kali lebih kuat karena terbuat dari alumunium dan silikon dan 3 kali lebih ringan dari besi. Selain itu  dapat mereduksi kehilangan tenaga mulai dari piston dan seluruh komponen pendukung. 

Alhasil blue core engine diklaim lebih minim gesekan didinding silinder, noise & vibrasi jauh berkurang dan output power terdongkrak, membuat supply bahan bakar terkontrol dan presisi. Fakta ini  merupakan  kelebihan engine blue core yang dijadikan global platform engine untuk pasar Indonesia serta dunia oleh Yamaha.

Menurut pengakuan Pabrikan Yamaha Indonesia (PT YIMM) seperti yang di akui oleh Bpk. Arfian, YIMM - DDS  Jogjakarta ,memberikan  penilaian secara khusus bahwa   alumni SMK Ma'arif NU 1 Ajibarang  sudah  banyak yang diserap  di industry ini.

Secara khusus  hal ini tidak menjadi keraguan lagi bahwa mutu  lulusan dari sini  akan memiliki basic standar yang bagus.Hal ini dibuktikan bahwa peringkat kualitas mutu alumni sekolah ini mendapat kategori Bronz.

Menurut manajemen  Yamaha, pencapaian tingkatan  ini akan  terus meningkat seiring  kemajuan pendukungnya. Salah satu upayanya ialah agar semua sekolah yang bermitra dengan Yamaha agar segera mungkin mengadopsi  SOP yang ada di Industri bisa diterapkan di sekolah. (Mohamad Ab  Ltbg )