Mohon tunggu...
Tekno

Sistem Informasi Career Development Center untuk Lulusan SMK

30 Januari 2017   20:20 Diperbarui: 30 Januari 2017   20:39 406 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sistem Informasi Career Development Center untuk Lulusan SMK
Halaman Awal (Dokumen pribadi)

PERMASALAHAN

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah sebagai lanjutan dari SMP/MTs atau bentuk lain yang sederajat atau lanjutan dari hasil belajar yang diakui sama/setara SMP/MTs. Di SMK terdapat banyak sekali Program Keahlian, contohnya seperti muai dari komputer jaringan, otomotif, hingga teknik gambar bangunan.

Disini permasalahan muncul lulusan SMK ini banyak diantara mereka yang sudah memiliki gambaran karir apa yang mereka ambil, atau meneruskan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, akan tetapi tidak sedikit pula yang bingung akan meneruskan kerja kemana ataupun malah menganggur. Tiap SMK biasanya memiliki kantor bimbingan konseling yang biasanya juga menangani anak anak seperti ini tapi inipun dengan cara memberikan informasi lowongan kerja baru yang sesuai dengan yang diinginkan oleh lulusan SMK ini. Akan tetapi ini pun masih terbatas secara lokal di SMK  itu saja, pemberitahuan lowongan lain biasanya hanya melalui media sosial atau dari mulut ke mulut, yang dirasa kurang bisa dipercaya.

Contoh Loker (Dokumen pribadi)
Contoh Loker (Dokumen pribadi)
Untuk mengatasi hal ini diperlukan adanya sistem informasi sistem informasi ini didasarkan pada salah satu SMK negeri di Surakarta yaitu SMK Negeri 2. Sistem ini dibuat untuk menyediakan pencarian loker sesuai dengan jabatan yang diinginkan, pemberitahuan melalui sms, serta informasi lain untuk memperkaya wawasan para lulusan smk melalui agenda maupun informasi secara umum melalui agenda.

ALUR BISNIS

Alur Bisnis (Dokumen pribadi)
Alur Bisnis (Dokumen pribadi)
Diperlihatkan bahwa aplikasi ini digunakan untuk menjembatani antara User dengan Loker  yang telah diajukan Perusahaan melalui sistem dan notifikasi SMS oleh sistem: 
  • Perusahaan mengajukan lowongan baru.
  • BK menerima dan melakukan pengecekkan.
  • Sesuai pengecekkan admin memasukkan lowongan.
  • Setelah lowongan masuk notifikasi dijalankan.
  • Notfikasi berupa SMS memberitahukan pada perusahaan lowongan sudah ditayangkan.
  • Notfikasi berupa SMS memberitahukan pada user atau siswa ada lowongan baru yang ditayangkan.
  • Siswa dapat juga melihat agenda dan berita.

PEMBUATAN

Sistem ini berbasis web PHP yang dibuat menggunakan framework Yii2 pada sistem operasi Windows 8 dapat diakses melalui browser Seperti Mozilla atau Chrome.

VIDEO PILIHAN