Mohon tunggu...
M BAYU AZIZ PUTRA
M BAYU AZIZ PUTRA Mohon Tunggu... Hello!

masih belajar :)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Inilah Beberapa Pengalaman Menarik yang Kamu Dapat Ketika Menjadi Guru

25 Maret 2021   23:55 Diperbarui: 25 Maret 2021   23:59 96 1 0 Mohon Tunggu...

Assalamualaikum wr wb, dan hallo sahabat kompasianer yang berbahagia, ketemu lagi nih, kondisi kesehatan aman kan sahabat? Pokoknya setiap beraktivitas di luar rumah jangan lupa menggunakan 3M ya sahabat kompasianer.

Guru adalah orang kedua yang mengajari banyak hal ke kita setelah ibu, mulai dari hal yang tidak di belajari di rumah, mengajari fisik, menjawab dan mengetehaui suatu ilmu pengetahuan yang belum kita ketahui, namun untuk menjadi guru sendiri banyak proses yang harus dan sesudah menjadi guru pun banyak suka dan duka nya serta banyak juga pengalaman yang  menarik dan berkesan lain nya, mau tau apa aja?mari baca pengalaman dari beberapa guru saya, lets skuy

Narasumber yang pertama adalah Bapak Delfi "bapak  menjadi guru bukan karena cita cita bapak melainkan memenuhi permintaan dari orang tua, kalo dari bapak sendiri sebenarnya ia ingin menjadi abdi negara yaitu polisi, bapak sudah mencoba untuk masuk ke polisi sebanyak 3 kali tetapi ke tiga tiganya gagal karena IPK rendah, kurang skor dan Psikotes, sehingga bapak mencoba menjadi guru sesuai dengan keinginan orang tua,

Pengalaman mengajar pertama kali itu mampu memberikan kesan yang menyenangkan, terutama jika murid di dalam suatu kelas itu ramah dan tidak ada yang aneh aneh, tetapi ada juga beberapa kelas yang bapak ajar terdapat juga berbagai sifat yang aneh aneh di dalamnya mulai dari yang susah di atur dan sullit untuk menerima materi yang bapak sampaikan sehingga muncul lah rintangan, dan bapak menyukai rintangan karena dengan adanya rintangan bisa menciptakan rasa semangat untuk melewatinya.

Nah jika didalam waktu belajar biasanya bapak akan menyampaikan materi sesimpel mungkin agar dapat dipahami, dan jika di luar jam pelajaran serta jika ada siswa yang mengajak bapak untuk melakukan sesuatu yang berhubungan dengan olahraga maka bapak suka untuk melakukannya selama itu bisa meningkatkan kreatifitasnya.

Sebelum menjadi guru honorer bapak tidak pernah di pandang rendah oleh guru guru senior yang PNS, malainkan para guru yang PNS tidak membedakan antara PNS dan Honorer, nah untuk menjadi PNS bapak melalui ujian CPNS yang di adakan di tempatnya yaitu di padang, sumatera barat, nah pengalaman menariknya yaitu ketika bapak akan melaksanakan tes PNS bapak tidak terlalu ambis untuk belajar karena bapak tahu kemampuan dirinya sendiri, dan selama bapak menjadi guru pns bapak memperlakukan semua guru setara tidak membedakan dan selalu berbagi pengalaman kepada guru guru lain nya.

Pengalaman yang menarik adalah di sekolah mana pun bapak mengajar pasti bapak selalu menjadi guru favorit, hal ini di karenakan cara bapak mengajar yang santai, ketika bosan disaat jam pelajaran biasanya bapak akan bercerita atau melakukan sesuatu supaya bisa menimbulkan suasana belajar yang enak, di samping itu bapak juga selalu mensupport anak anak yang lagi bertanding, dan bapak bisa juga memahami keinginan anak anak , ini lah yang menyebabkan bapak menjadi guru favorit dimanapun di mulai dari SMPN 1 Bandar Petalangan, SMPN 1 Bandar Sei Kijang, SMPN 2 Bandar Sei Kijang, SMPN 3 Bandar Sei Kijang, dan SMKN ! Bandar Sei Kijang. " nah bagaimana dengan pengalaman bapak delfi? Menarik bukan?

 Narasumber selanjutnya adalah bapak romy yang manjadi guru olahraga ,pak romy menjadi guru karena memang di kuliah ia mengambil fakultas keguruan dan ilmu pengetahuan olahraga, karena di olahraga materinya mudah untuk di pahami.

Dokpri
Dokpri
' Pemgalaman pertama kali mengajar di SMP yang ada dirumah yaiu SMP 1 Bandar Sei Kijang, kesan pertama kali yang didapat yaitu ada kesan suka dan duka , kesan suka  itu ketika melakukan praktek karena kita tidak perlu menyusun materi terlalu susah dan tidak terlalu banyak mengeluarkan kata kata, sedangkan dukanya adalah ketika ingin memasuki kelas ada saja murid yang susah diatur, kadang juga perlu menyiapkan kata kata sesimpel mungkin agar dapat dipahami karena terkadang selama menagajar masih suka terbawa bahasa sehari hari, dan terkadang juga masih sering gugup , untuk menyampaikan materi.

Untuk pengalaman yang menarik adalah ketika kita sedang melakukan praktek ada yang memperhatikan pak romy juga dengan memberikan minum walaupun hal sepele namun memiliki kesan yang menarik dan teringat.

Pak romy adalah seorang guru honorer , walaupun hanya sebatas guru honorer tetapi beliau mengajari murid dengan penuh rasa kasih, serta guru di tempat dia mengajar juga ramah, pak romy sudah pernah mengikuti tes CPNS tetapi belum berhasil karena sudah 2 tahun menjadi guru honorer dan lupa tentangn sebagian materi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x