Mohon tunggu...
Alif AlMutawakkil
Alif AlMutawakkil Mohon Tunggu... Saya suka apa aja apalagi gratis. btw selamat membaca teman teman, semoga suka :)

Luthfyyah15@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Karir

Mengapa Reporter Penting dalam Sumber Berita?

18 Oktober 2020   14:10 Diperbarui: 18 Oktober 2020   14:15 14 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengapa Reporter Penting dalam Sumber Berita?
source by : gurupendidikan.co.id

Reporter adalah jenis jabatan kewartawanan yang bertugas melakukan peliputan berita (news gathering) di lapangan dan melaporkannya kepada publik, baik dalam bentuk tulisan untuk media cetak atau dalam situs berita di internet, ataupun secara lisan, bila laporannya disampaikan melalu media elektronik radio atau televisi

Hasil kerja reporter, yang beupa tulisan ataupun lisan, harus melalui proses penyuntingan oleh redaktur atau produser beritaa sebelum bisa disiarkan kepada khalayak publik

                                                                                                                         

Mengapa reporter penting dalam sumber berita?

Reporter sering sekali diistilahkan sebagai orang yang mempunyai tugas mencari berita sedetail mungkin dan harus bisa meringkasnya kedalam sebuah tulisan berita yang singkat, padat, dan jelas sehingga mampu di mengerti oleh khalayak publik. Selain bertugas di dalam peliputan, reporter juga berperan sangat besar dalam penulisan naskah berita, ia adalah orang yang bertanggung jawab akan keberhasilan liputan dan tulisan yang di beritakan untuk publik.  

Menulis berita pada dasarnya ialah proses merangkum serta memilih fakta penting yang membantu reporter atau penulis naskah dalam menceritakan peristiwa yang diliputnya. 

Menulis berita televisi sangatlah berbeda dengan menulis berita di media massa, reporter televisi harus memperhatikan stok gambar yang telah digunakan sebelumnya dalam menulis naskah. Gambar-gambar yang diambil bersama kameramen yang mendampinginya dilapangan akan mementukan penulisan berita di televisi. Jadi, gambar dan naskah harus saling berkaitan, mengisi, dan sama penting untuk suatu berita televisi.

Seorang reporter harus membekali dirinya dengan materi yang akan ia liput, ia juga harus memperhatikan kesiapan alat-alat liputan agar semuanya berjalan lancar tanpa kendala. 

Reporter juga harus kreatif dalam mengolah peristiwa-peristiwa yang memiliki nilai jurnalstik. Reporter juga harus bisa menyajikan berita yang baik dan benar, namun dituntut untuk bisa menyampaikan berita dengan kata-kata yang baik di depan kamer, memiliki mimik wajah dan ekspresi yang menunjang, yang menjadikan beritanya bisa tersampakan dengan baik kepada khalayak ramai. 

Maka dari itu reporter merupakan salah satu bagian terpenting dari sumber berita, berita akan bisa tersampaikan ke khalayak publik apabila reporter menyajikannya dengan benar.

VIDEO PILIHAN