Mohon tunggu...
Luthfiah Setya Pratiwi
Luthfiah Setya Pratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tak Kenal Lelah, Mahasiswa KKN UM Kerja Keras dalam Pembuatan Video Profil Desa Sambigede

27 Oktober 2020   08:17 Diperbarui: 27 Oktober 2020   08:20 65 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tak Kenal Lelah, Mahasiswa KKN UM Kerja Keras dalam Pembuatan Video Profil Desa Sambigede
Mahasiswa KKN UM sedang mengambil gambar penduduk Desa Sambigede

Malang- Video profil desa adalah sebuah media yang berfungsi untuk menyampaikan suatu informasi yang berkaitan tentang suatu desa. Dengan menggunakan media video informasi yang diterima oleh masyarakat akan lebih mudah karena didalamnya mencakup berbagai aspek multimedia, mulai dari suara, gambar dan teks. Setiap tahunnya, seluruh kegiatan ataupun kondisi yang terdapat di suatu desa berubah-ubah. Hal tersebut terjadi di Desa Sambigede , Kecamatan Sumberpucung, Kabupaten Malang. Oleh karena itu, mahasiswa KKN dari Universitas Negeri Malang berinisiatif memperbaharui video profil Desa Sambigede.

Kegiatan KKN dari Universitas Negeri Malang dilakukan pada tanggal 22 September 2020 sampai 5 November 2020. Tim publikasi, dekorasi dan dokumentasi dari mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang mengerahkan semua usaha untuk kegiatan pembuatan profil Desa Sambigede. "KKN kali ini tidak menginap, karena ada covid-19. Oleh karena itu setiap minggu kita harus bolak-balik ke Desa Sambigede dari Kota Malang selama 1-2 jam perjalanan. Ketika kita sudah sampai di Desa Sambigede kita langsung take video," kata Bimo sebagai anggota tim PDD.

"Tidak ada waktu banyak untuk istirahat di Desa Sambigede, karena sehari langsung pulang lagi ke Kota Malang," lanjut Bimo (25/10/2020). Setelah itu video yang telah diambil kemudian di edit sedemikian rupa sehingga menghasilkan video akhir yang memuaskan.

Selain pembuatan video profil Desa Sambigede, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang  juga membuat denah lokasi atau membantu proses desain branding wisata pemancingan Bon Watu. Tidak terlepas dari itu, mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang juga membantu aparatur Desa Sambigede untuk mengelola website Desa Sambigede. "Karena mahasiswa KKN kali ini kebanyakan dari Teknik Informatika maka salah satu program kerja untuk branding Desa Sambigede yaitu optimalisasi website Desa Sambigede," kata Syafira sebagai mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang.

Hasil dari video editan dari tim PDD bisa dilihat di instagram mahasiswa KKN Desa Sambigede  @kkn.sambigede.um2020 dan website desa yaitu desa-sambigede.malangkab.go.id. Pembuatan video profil ini diharapkan mampu memperkenalkan Desa Sambigede lebih luas dan mudah dipahami oleh semua kalangan masyarakat yang melihatnya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x