Mohon tunggu...
LUTFIA USWATULMAULIDA
LUTFIA USWATULMAULIDA Mohon Tunggu... Mahasiswa - -

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Salah Satu Seseorang yang Sangat Berjasa dalam Hidupku yaitu Ustadz dan Ustadzah yang Telah Mengajariku Mengaji

1 Juni 2022   19:26 Diperbarui: 3 Juni 2022   20:33 432
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Assalamuallaikum wr.wb, Hai temen-temen semua bagaimana kabar kalian? semoga sehat selalu ya dan semoga selalu diberikan kebahagaian setiap harinya serta selalu diberikan kelancaran dalam berbagai kegiatan yang sedang di jalani.

 Untuk artikel kali ini aku akan membahas atau sedikit bercerita tentang seseorang yang juga sangat berjasa di hidup saya selain kedua orang tua dan keluarga yaitu guru ngaji saya pada saat saya masih kecil dulu saat itu saya mungkin masih berumur sekitar 5 tahun, yaitu beliau yang sering saya panggil dengan sebutan ustadz dan ustazah yang bernama ustadz Athok dan juga ustazah Halim 

beliau berdua adalah suami istri yang telah mendirikan TPQ atau lebih dikenal dengan Taman Pendidikan Al-quran di dekat rumah saya atau lebih tepatnya yaitu di RT/RW 01/01 dusun Krajan desa Kedungbanteng Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo yang bertepat di masjid Fachul Muna. Alhamdulillah pada saat lebaran kemarin saya bisa berkunjung atau sewoan ke kediaman beliau yang jarak rumahnya dengan saya cukup dekat.

Apabila flasback pada masa itu, saya ingin sedikit bercerita tentang betapa senang dan juga gembiranya saya dan juga teman-teman saya pada saat belajar mengaji di tempat tersebut, mungkin banyak sekali kenangan-kenangan indah yang bisa menjadi sebuat pembelajaran yang bisa diambil hikmahnya dari setiap hal atau kegiatan yang dilakukan pada TPQ tersebut. 

Di sana banyak sekali belajar tentang cara membaca al-quran dengan baik dan benar, belajar ilmu fiqih, bahasa arab, akidah akhlak dan masih banyak lagi ilmu tentang agama islam yang di ajarkan disana. Belajar mengaji di TPQ disana sangatlah menyenangkan dan bahagia sekali bukan hanya karena ustadz dan ustadzahnya yang penyabar saja melainkan disama kita bisa betemu dengan banyak teman yang juga sangat semangat sekali dalam hal menuntut ilmu. 

Kegiatan yang mungkin tidak pernah saya lupakan dan yang sangat menyenangkan waktu itu adalah kegiatan yang setiap minggunya dilakukan satu kali dalam seminggu yaitu kegiatan makan bersama-sama, bukan hanya sekedar makan bersama-sama saja melainkan kita sebelum makan harus memasak makanan itu terlebih dahulu, jadi bengitu menyenangkannya bisa memasak bersama teman-teman, 

kegiatan itu diadakan agar teman-teman yang mengaji di TPQ tersebut bisa refresing atau biar tidak jenuh.

pada saat itu saya berangkat mengaji di sore hari pada pukul 14.00 WIB sesampainya di sana kita membaca asma ul-husna secara bersama-sama dengan yang lainya sebelum menyetorkan bacaan al-quran kita ke ustadz atau ustadzahnya disana, sambal menunggu antian untuk menyetorkan bacaan al-quran kita tersebut, biasanya kita membacanya terlebih dahulu agar nanti nya saat menyetorkan langsung ke ustadz atau ustadzahnya kita bisa membacanya dengan lancar dan bisa lanjut ke halaman berikutnya.

Di TPQ tempat saya mengaji disana juga ada hari liburnya yaitu hari kamis dan juga hari jum'at, jadi dalam semiggu kita mengaji di TPQ tersebut hanya lima hari saja. Selain kita belajar membaca al-quran dengan baik dan benar menurut kaidah ilmu tajuwid kita juga diharuskan untuk menghafal surat-surat pendek atau juz 30 dalam al-quran, setiap hari kita dituntut untuk bisa mengahafalkan minimal satu surat pendek yang nantinya akan disetorkan ke ustadz atau ustadzah.

Dalam mendidik anak-anak di TPQ tersebut Ustadz Anthok dan juga Ustadzah Halim sangatlah sabar dan telaten dalam meyampaikan ilmu-ilmu yang beliau punya, beliau menyampaikan dengan begitu tulus dengan begitu materi yang beliau sampaikan mudah dipahami dan juga diterima. Beliau juga mengajarkan tetang pentingnya adab dan akhlak yang baik kepada orang yang lebih tua, 

begitu pentingya mengajarkan adab yang baik sejak dini. Dalam agama islam yang mengajarkan adab kepada sesama, hal itu dilakukan agar tercitanya suatu keharmonisan antara satu dengan yang lainnya, adab juga ditunjukkan agar selalu terjalin hubungan baik antara satu dengan yang lainnya. Salah satu adab yang sangat ditekankan dalam agama islam adalah adab kepada orang yang lebih tua,

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun