Mohon tunggu...
Lutfi Najib
Lutfi Najib Mohon Tunggu... Prodi Teknologi Informasi UIN Walisongo Semarang

desain

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Analisis Pengaruh Pelayanan Terhadap Pengunjung di LAWANG SEWU KOTA SEMARANG Menggunakan Metode Naive Bayes

18 Juni 2025   22:53 Diperbarui: 21 Juni 2025   16:55 91
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Pariwisata memegang peranan penting dalam perekonomian Indonesia. Salah satu destinasi ikonik di Semarang, yaitu Lawang Sewu, menarik wisatawan berkat arsitektur kolonial dan sejarahnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, harga, dan promosi terhadap keputusan wisatawan mengunjungi Lawang Sewu, menggunakan metode Nave Bayes dalam analisis sentimen dari ulasan wisatawan.


Penelitian ini menggunakan 1351 komentar wisatawan dari Google Maps yang diambil melalui proses scraping. Data ini tidak memiliki label awal (positif/negatif), sehingga diperlukan tahapan preprocessing teks sebelum dianalisis. Proses preprocessing terdiri dari:

- Case Folding

- Cleaning

- Tokenizing

- Normalization

- Stopword Removal

- Stemming


Lawang Sewu, yang berarti "Seribu Pintu," dibangun tahun 1904--1919, awalnya sebagai kantor NIS (kereta api Hindia Belanda). Kini berfungsi sebagai museum sejarah perkeretaapian. Bangunan ini tidak hanya menarik karena nilai sejarah dan arsitekturnya, tetapi juga cerita mistis yang menambah daya tarik wisatawan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun