Mohon tunggu...
Lulu Mujayanah
Lulu Mujayanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Penulis

Sebelum menjadi kupu kupu yang indah, betapa banyak waktu yang harus dilaluinya dalam kepompong.

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Mental Health pada Diri Sendiri

7 November 2022   20:20 Diperbarui: 7 November 2022   20:51 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan Mental Bagi Remaja

Kesehatan mental sedang ramai dibicarakan. Tapi, kalian tahu ga sih apa itu mental health ? 

Dimana kondisi fisik, mental , dan keadaan sosial kita sejahtera. kesehatan mental dikatakan baik jika batin kita merasa damai , tenang, dan tentram, sehingga kondisi kita menikmati kehidupan yang dijalni dan menghargai apapun yang dimiliki. 

Perlu diketahui bahwa kesehatan mental dapat dipengaruhi oleh peristiwa dalam kehidupan seseorang hingga pada akhirnya akan memiliki dampak besar untuk perilaku serta kepribadiannya.

 Sumber ilustrasi : kesehatan-mental-bagi-remaja/

Banyaknya masyrakat yang beranggapan jika memiliki masalah mental maka orang itu dianggap gila. masyrakat memandang bahwa kesehatan mental tidak  terlihat penting bahkan dianggao sebagai suatu kelemahan khususnya bagi kaum pria karena pria dianggap sosok yang tangguh . 

Karena mental helath dipandang sebelah mata oleh masyrakat banyak orang menjadi ragu untuk terbuja akan kesehatan mentalnya. biasaya orang yang memiliki gangguan kesehatan mental malu untuk datang ke psikiater maupun psikolog dan alasan lain karena biaya dll. 

Penyakit mental psikotik merupakan kondisi dimana mental yang membuat penderitanya slit membedakan realita dan kerap mengalami halusinasi, yaitu melihat atau mendengar sesuatu yang sebanrnya tidak ada. selain itu, penderita psikotik juga percaya terhadap suatu hal yang sebetulnya tidak benar.

 Pada dasarnya masalah mental terdiri dari beberapa jenis, tetapi ada 3 jenis yang paling umum dirasakan oleh banyak orang 

  • Stress kondisi dimana seseorang mengalami tekanan emosional dan mental 
  • Anxiety atau gangguan kecemasan orang yang mengalami anxiety akan merasakan rasa cemas yang berlebihan dan sulit untuk dikendalikan.
  • Ddepresi gangguan suasana hati dimana penderitanya akan mengalami rasa sedih secara terus menerus, depresi dapat berlangsung selama berminggu-minggu dan bahwkan bisa bertahan lama, kindisi ini dapat menyebabkan masalah fisik dan banyak penderitanya yang menyakiti diri sendiri bahkan sampai melakukan percobaan bunuh diri.

Kesehatan mental yang ada dalam diri merupakan suatu bentuk kepedulian pada diri sendiri. hal ini sering disebut sebagai Self-awareness dapat dilakukan dengan cara mengenali kesehatan mental yang kita miliki karena dengan mengenal hal tersebut kita akan bisa mengontrol diri dengan mudah.

Cara Untuk Menjaga Mental Health  

agar beraktivitas dab berinteraksi dengan baik dalam masyrakat serta terhindar dari penyakit mental, penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan mental. berikut cara mental health :  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun