Mohon tunggu...
Luluk Mukaromah
Luluk Mukaromah Mohon Tunggu... Kimseokjin

Do the best

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Meningkat Kualitas SDM melalui Job Evaluation

5 Mei 2021   09:02 Diperbarui: 5 Mei 2021   09:15 19 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meningkat Kualitas SDM melalui Job Evaluation
Linovhr.com

Didalam suatu perusahaan memiliki beberapa karyawan yang telah di seleksi untuk dapat bekerja diperusahaan . setiap karyawan yang telah diseleksi ditempatkan di posisi yang sesuai dengan kualifikasi mereka. setiap karyawan yang menempati berbagai posisi di review secara continue oleh HRD untuk dapat menentukan besarnya kompensasi atau remunerasi karyawan. salah satu cara agar HRD dapat menentukan hal itu dengan mudah ialah dengan melakukan Job Evaluation

Job Evaluation adalah proses menilai suatu pekerjaan didalam organisasi yang mana merupakan bagian dari system kompensasi yang lebih luas  dimana biasanya komponenkompensasi terbesarnya adalah gaji pokok. tujuan dari Job Evaluation  adalah untuk memberikan peringkat urutan serangkaian pekerjaan menurut nilainya bagi organisasi. 

Manfaat job evaluation dilihat dari definisi dan tujuannya ialah dapat menjadi acuan dalam menentukan besarnya jumlah kompensasi yang diterima karyawan di masing masing jabatan, dapat meningkatkan kualitas SDM, memberikan peringkat nilai di berbagai jenis pekerjaan. 

Di dalam metode job evaluation terdapat 2 kelas utama  yaitu berdasarkan deskripsi pekerjaan  dan berdasarkan penilaian langsung. Metode evaluasi yang paling sederhana ialah Ranking methods ,dimana panitia evaluasi pekerjaan menerima deskripsi pekerjaan untuk setiap pekerjaan. yang umumnya yaitu menggunakan panel atau komite yang memeriksa setiap pekerjaan berdasarkan beberapa faktor kompensasi. 

Metode yang paling umum  digunakan ialah poin-faktor-methods , dimana mengevaluasi sistem pekerjaan pada setiap faktor yang dapat di kompensasikan . yang terakhir adalah Direct Assesment Methods yaitu metode evaluasi dirancang yang bekerja secara langsung dengan data analisis pekerjaan tentang atribut pekerjaan dan pekerja. 

Dari penjelasan penjelasan diatas dapat kita tarik kesimpulan bahwa job evaluation adalah sebuah proses menilai tingkat kepentingan / urutan relative sebuah  pekerjaan didalam organisasi secara terstructur dan sistematis sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai menggunakan metode- metode   tertentu . oleh karena itu penting bagi suatu perusahaan apalagi perusahaan perusahan besar untuk melakukan job evaluation terkait karyawannya.  mengingat karyawan didalam perusahaan bukan hanya sebagai pekerja namun juga sebagai asset yang dimiliki oleh perusahaan.  

luluk_mukaromah

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x