Mohon tunggu...
EVRIDUS MANGUNG
EVRIDUS MANGUNG Mohon Tunggu... Lainnya - Pencari Makna

Berjalan terus karena masih diijinkan untuk hidup. Sambil mengambil makna dari setiap cerita. Bisikkan padaku bila ada kata yang salah dalam perjalanan ini. Tetapi adakah kata yang salah? Ataukah pikiran kita yang membuat kata jadi serba salah?

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Langkah Strategis Mengatasi Pengangguran melalui Pembangunan 'Job Center'

9 Maret 2024   23:13 Diperbarui: 9 Maret 2024   23:26 115
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi Langkah Strategis Mengatasi Pengangguran: Pentingnya Pembangunan Job Center di Kabupaten Manggarai Barat (Kupang.Tribunnews.com)

Siapa yang tidak menginginkan pengurangan angka pengangguran di wilayahnya? Bagaimana jika saya memberitahu Anda bahwa terdapat langkah konkret yang dapat diambil untuk mengatasi permasalahan tersebut? Jika Anda berkeinginan untuk mengurangi jumlah pengangguran dan ingin mengetahui langkah-langkah konkret untuk mengatasi masalah tersebut, mari simak tulisan ini.

Pengangguran adalah salah satu masalah yang telah lama menjadi perhatian serius di banyak wilayah, termasuk Kabupaten Manggarai Barat. Untuk mengatasi hal ini, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI mengajukan proposal pembangunan fasilitas job center kepada pemerintah daerah.

Dalam tulisan ini, saya akan menyoroti pentingnya pembangunan job center sebagai langkah strategis dalam menangani pengangguran di Kabupaten Manggarai Barat sebagaimana dirilis dalam media online Kupang.tribunnews.com. (09/03/2024). 

Saya berkeyakinan bahwa job center memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif dalam meningkatkan kesempatan kerja dan pertumbuhan ekonomi lokal.

Selain itu, pembangunan job center juga dapat menjadi faktor penting dalam memerangi migrasi tidak terkontrol dari wilayah pedesaan ke perkotaan. Mungkin sudah banyak orang di Kabupaten Manggarai Barat yang terpaksa meninggalkan desa mereka untuk mencari pekerjaan di kota-kota besar, meninggalkan tanah leluhur dan tradisi budaya mereka. Dengan adanya job center yang menyediakan akses informasi tentang peluang kerja lokal, banyak dari mereka dapat memilih untuk tetap tinggal di wilayah mereka sendiri, menjaga keberlanjutan dan keberagaman budaya lokal.


Lagi pula, penting juga untuk menyadari bahwa pembangunan job center tidak hanya akan memberikan manfaat jangka pendek, tetapi juga memiliki dampak positif jangka panjang. Dengan adanya job center, masyarakat setempat akan memiliki akses yang lebih baik ke peluang pendidikan dan pengembangan keterampilan, yang pada gilirannya akan membantu menciptakan tenaga kerja yang lebih berkualitas dan kompetitif dalam menghadapi tantangan global di masa depan. Ini akan membantu Kabupaten Manggarai Barat untuk menjadi lebih mandiri secara ekonomi dan berkelanjutan dalam jangka panjang."

Pembangunan job center akan memberikan akses yang lebih mudah bagi pencari kerja untuk mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan, pelatihan kerja, dan dukungan dalam mencari pekerjaan.

Job center akan memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dengan perusahaan atau pengusaha lokal yang membutuhkan tenaga kerja, meningkatkan konektivitas antara pasar tenaga kerja dan pelaku bisnis lokal.

Job center juga dapat menjadi pusat untuk menyelenggarakan pelatihan vokasi dan program pengembangan keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan industri lokal, meningkatkan kualitas sumber daya manusia di wilayah tersebut.

Terdapat kemungkinan hambatan dalam pelaksanaan pembangunan job center, seperti kurangnya anggaran dan sumber daya, ketidakpastian dalam kebijakan pemerintah, serta resistensi dari beberapa pihak terkait.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun